Jumat, 13 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Ajak Bersatu Lestarikan Seni dan Budaya

15 November 2019, 14: 04: 05 WIB | editor : Abdul Basri

VISIONER: Ketua TP PKK Bangkalan Ny. Zaenab Zuraidah Abdul Latif memberikan sambutan dalam acara deklarasi seni budaya Tera’ Bulan, Rabu malam (13/11).

VISIONER: Ketua TP PKK Bangkalan Ny. Zaenab Zuraidah Abdul Latif memberikan sambutan dalam acara deklarasi seni budaya Tera’ Bulan, Rabu malam (13/11). (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Kiprah Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bangkalan mulai hidup lagi. Selama ini masyarakat Bangkalan jarang mendengar gaung kegiatan TP PKK. Bahkan tidak banyak yang tahu apa sebenarnya yang dilakukan TP PKK.

Namun Rabu malam (13/11), secara mengejutkan TP PKK Bangkalan menggagas kegiatan yang cukup spektakuler. Yakni mengumpulkan para seniman dan budayawan untuk pagelaran seni budaya Tera’ Bulan.

Ketua TP PKK Bangkalan Ny. Zaenab Zuraidah Abdul Latif mengutarakan, tradisi dan budaya Madura pelan-pelan ditinggalkan. Sebab itu, agar tradisi dan budaya tetap lestari, harus ada terobosan-terobosan. Salah satunya pagelaran seni.

”Pagelaran seni budaya Tera’ Bulan ini mengangkat adat dan budaya Bangkalan zaman dulu,” katanya. Dengan ditampilkan secara rutin, sambung Zaenab, muda-mudi dan generasi penerus masa depan mendapatkan pendidikan budaya dan tradisi. ”Mereka jadi tahu oh begini tradisi orang dulu,” ujarnya.

Event seni budaya Tera’ Bulan perlu didukung semua pihak. TP PKK sengaja mengundang para seniman dan budayawan Bangkalan. ”Tujuannya untuk menyatukan para seniman dan budayawan agar sama-sama melestarikan tradisi dan budaya,” jelas Zaenab.

Istri Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron itu menegaskan, tidak ada niat lain kecuali ingin menghidupkan kembali kegiatan kesenian. Para pegiat seni di Bangkalan harus bersatu. ”Mari bersatu melalui seni budaya. Bangkalan akan tambah erat. Tong settong potong, masettong ontong. Bercerai kita runtuh, bersatu kita teguh,” ucapnya.

Zaenab menyatakan, pagelaran seni budaya Tera’ Bulan dengan sendirinya akan turut mengangkat pariwisata di Bangkalan. Karena para penggiat seni menghidupkan kembali tradisi Bangkalan, pelan-pelan akan banyak wisatawan datang.

”Jangan mau kalah dengan kabupaten lain. Bangkalan kaya akan seni budaya. Ayo bersama-sama melestarikan peninggalan nenek moyang kita,” ajaknya. 

(mr/daf/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia