Senin, 16 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Sampang

Peduli Nasib Nelayan, Mahasiswa Poltera Gelar Oceanic tingkat Nasional

15 November 2019, 08: 44: 20 WIB | editor : Haryanto

KREATIF: Sejumlah peserta OCEANIC memajang kapal buatannya di kampus Poltera pada Sabtu lalu (26/10).

KREATIF: Sejumlah peserta OCEANIC memajang kapal buatannya di kampus Poltera pada Sabtu lalu (26/10). (Dimas Liani for RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG - Letak geografis Madura berada di daerah kepulauan. Sebagian warga berprofesi sebagai nelayan. Hal ini mendapat atensi dari mahasiswa jurusan teknik Politeknik Negeri Madura (Poltera).

Buktinya, para mahasiswa Poltera menggelar Oceanic 2019. Even itu mengompetisikan tiga kategori yaitu Lomba Desain Kapal Nelayan dan Lomba Esai tingkat Pelajar serta Guru tingkat nasional.

Catatan RadarMadura.id, ada 64 peserta yang mengikuti Lomba Desain Kapal dan Boat. Selanjutnya, 26 pelajar yang menjadi peserta Lomba Esai dan 15 pendidik pada Lomba Esai tingkat Guru.

Chrissalma Putri Nabiilah selaku ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Bangunan Kapal mengatakan, Lomba Desain Kapal dan Boat bertujuan untuk mengembangkan tehnologi tepat guna bagi kapal nelayan.

Saat mengikuti lomba tersebut, para peserta dituntut berinovasi untuk menciptakan kapal yang sesuai dengan kebutuhan nelayan. Diharapkan, karya-karya peserta bisa digunakan para nelayan.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan nelayan dan pengembangan soft skill menghadapi tantangan revolusi industri," ujarnya.

Dijelaskan, even yang bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Madura dan Radarmadura.id tersebut merupakan bukti kepedulian Poltera terhadap kemajuan nelayan di Madura khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengikuti dan mendukung kegiatan kemahasiswaan ini," imbuh Chrissalma Putri Nabiilah.

Moh. Mustain selaku Ketua Jurusan Tehnik Bangunan Kapal Poltera menambahkan, penerapan teknologi untuk kapal nelayan akan terus dilakukan dengan pembinaan pada para nelayan.

Nanti meliputi desain kapal dan teknologi kapal. Sehingga, bisa berlayar aman sesuai aturan. Harapannya, nanti bisa meningkatkan hasil tangkapan dan menjamin keselamatan nelayan selama berlayar.

"Hasil Lomba Esai dan Desain Kapal yang bagus akan dikembangkan sebagai bahan kajian untuk direalisasikan kepada masyarakat nelayan," pungkasnya. (Dimas Liani)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia