Kamis, 12 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Pemekaran Dua Desa Terganjal

10 November 2019, 13: 34: 32 WIB | editor : Abdul Basri

SANTAI: Kepala DPMD Pamekasan Ach. Faisol.

SANTAI: Kepala DPMD Pamekasan Ach. Faisol. (MOH. ALI MUHSIN/RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN – Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, dan Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, berpotensi dimekarkan. Dua desa tersebut memenuhi presedur pemekaran. Namun, keinginan itu terkendala moratorium pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan Ach. Faisol menyatakan, pemerintah desa pernah berkomunikasi untuk pemekaran. Namun karena ada moratorium, upaya tersebut tidak berlanjut. Kendati demikian, pihaknya telah mengajak pihak desa dimaksud study banding ke Jember. ”Kita belajar ke sana bagaimana menyiapkan pemekaran desa,” terangnya kemarin (9/11).

Pemekaran desa butuh waktu cukup lama. Bisa sekitar enam tahun. Desa yang akan dimekarkan statusnya terlebih dahulu sebagai desa persiapan. Desa persiapan merupakan bagian dari wilayah desa induk.

Desa persiapan dapat ditingkatkan statusnya menjadi desa dalam jangka waktu satu sampai tiga tahun. Peningkatan status dilaksanakan berdasar hasil evaluasi. ”Jadi, berbagai ketentuan harus dipenuhi,” jelas Faisol.

Mengacu pada UU 6/2014 tentang Desa, syarat pemekaran desa antara lain, batas usia desa induk paling sedikit lima tahun terhitung sejak pembentukan serta sarana-prasarana pemerintahan desa dan pelayanan publik juga tersedia. Kemudian, tersedianya dana operasional, penghasilan tetap, dan tunjangan lainnya bagi perangkat pemerintah desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, memiliki potensi yang meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya ekonomi pendukung. ”Pemekaran desa seyogianya untuk mempercepat pembangunan. Dengan pemekaran, wilayah pengabdian otomatis menjadi lebih sempit dan terukur,” tukasnya.

(mr/sin/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia