Rabu, 13 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Sampang

Besok Umumkan Formasi CPNS

Tetap Gunakan CAT, TKD Boleh Tidak Ikut

10 November 2019, 01: 53: 04 WIB | editor : Abdul Basri

Besok Umumkan Formasi CPNS

Share this      

SAMPANG – Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang segera melakukan rekrutmen CPNS. Pengumuman formasi akan dipublikasikan besok, Senin (11/11).

Pj Sekkab Sampang Yuliadi Setiawan mengatakan, rincian formasi kebutuhan PNS sudah dikantongi. Pihaknya tinggal mengumumkan kepada masyarakat terkait 290 jatah formasi yang diberikan pemerintah pusat. Pengumuman tersebut sebagai penanda bahwa tahapan rekrutmen CPNS dimulai.

Kebutuhan formasi di Sampang akan diumumkan melalui laman resmi Kabupaten Sampang (sampangkab.go.id) atau BKD Sampang. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat waspada dalam menerima informasi terkait rekrutmen CPNS.

”Nanti akan diumumkan di website milik pemkab dan akan disebar ke OPD masing-masing. Di pengumuman itu akan dijelaskan perincian peluang pendaftaran CPNS,” katanya kemarin (9/11).

Kendati nanti sudah diumumkan, bukan berarti pendaftaran sudah dimulai. Pihaknya belum menentukan jadwal pendaftaran rekrtumen CPNS. Saat ini masih menunggu tindak lanjut dari Kantor Regional II BKN Surabaya.

”Pendaftaran di masing-masing daerah bisa saja tidak sama. Makanya masih menunggu keputusan dari Kanreg II BKN Surabaya. Soalnya sampai sekarang belum ada kepastian,” ujarnya.

Wawan menjelaskan, proses rekrutmen kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Pemerintah pusat tetap menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Dalam sistem CAT terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes inteligensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Namun, peserta tidak harus mengikuti semua tes. Bagi peserta yang pernah ikut seleksi CPNS diberikan pilihan. Boleh ikut tes kompetensi dasar (TKD) atau tidak, dengan catatan hasil TKD pada seleksi sebelumnya masuk dalam tiga besar. Di samping itu, formasi yang dipilih sama dengan tahun sebelumnya.

”Kalau formasi yang sekarang beda, tetap harus ikut TKD. Tapi kalau formasinya sama, tidak ikut tes tidak masalah. Sebab, nilai tahun lalu sudah dianggap lulus,” tukasnya. (bil)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia