Rabu, 13 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Syahbandar Sebut Gelombang Laut Normal

07 November 2019, 11: 56: 36 WIB | editor : Abdul Basri

RAMAI: Penumpang memasuki KMP DBS III sebelum berangkat dari Pelabuhan Kalianget kemarin.

RAMAI: Penumpang memasuki KMP DBS III sebelum berangkat dari Pelabuhan Kalianget kemarin. (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP beberapa kali diguyur hujan di awal November. Kondisi itu menjadi perhatian Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget.

Kepala KSOP Kalianget Supriyanto menyampaikan, perubahan musim belum berdampak signifikan terhadap jalur laut. Kondisi cuaca saat ini masih bersahabat bagi dunia pelayaran. Kecepatan angin dan gelombang laut diterangkan masih normal sehingga tidak mengganggu jadwal keberangkatan kapal.

Namun, Supriyanto tidak mau kecolongan. Pihaknya terus memantau perkembangan cuaca. Termasuk kemungkinan terjadinya cuaca buruk yang dapat mengancam keselamatan pelayaran.

Untuk itu, pihaknya terus memperbarui informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). ”Jika ada kemungkinan cuaca buruk, kami akan langsung sosialisasikan. Termasuk memublikasikannya di media massa,” tegasnya kemarin (6/11).

Selain itu, Supriyanto mengingatkan masyarakat dan seluruh pengguna jalur transportasi laut agar tidak bergantung pada informasi KSOP Kalianget. Tetapi, memantau secara langsung perkembangan cuaca dari BMKG.

”Alhamdulillah saat ini cuaca masih bersahabat. Aktivitas pelayaran masih normal,” kata Supriyanto.

Pada musim penghujan, tidak menutup kemungkinan akan ada ancaman cuaca buruk. Dengan demikian, pihaknya mengimbau agar masyarakat yang beraktivitas di laut tetap waspada. ”Mudah-mudahan tidak terjadi. Tapi, semuanya harus tetap waspada,” harapnya. 

(mr/bad/onk/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia