Jumat, 13 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Usulkan SGB Jadi Stadion Piala Dunia U-20

07 November 2019, 11: 35: 21 WIB | editor : Abdul Basri

TAK ADA PERTANDINGAN: Seorang warga berada di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) kemarin.

TAK ADA PERTANDINGAN: Seorang warga berada di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) kemarin. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan siap-siap membuat perencanaan untuk membenahi fasilitas Stadion Gelora Bangkalan (SGB). Itu dilakukan dalam rangka pengajuan agar SGB dijadikan salah satu stadion yang digunakan pertandingan Piala Dunia U-20 pada 2021.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Bangkalan Ishak Sudibyo menyampaikan, sejauh ini sebatas pengusulan dana ke pemerintah pusat untuk membenahi fasilitas SGB. Sebab, pihaknya ingin SGB ini bisa dijadikan salah satu lapangan sepak bola untuk pertandingan Piala Dunia U-20.

”Kami menawarkan agar SGB menjadi salah satu stadion yang dipakai untuk piala dunia. Karena itu, perlu ada pembenahan,” ujarnya kemarin (6/11).

Ada beberapa fasilitas SGB yang perlu diperbaiki dan ditambah. Misalnya, tribun, fasilitas track untuk lari, ruang ganti pemain berstandar internasional, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

”Untuk memperbaiki itu semua, tentu butuh dana yang harus didukung oleh pemerintah pusat,” kata mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan itu.

Dana yang dibutuhkan diperkirakan Rp 55 miliar. Angka tersebut cukup besar sehingga tidak bisa di-cover melalui APBD Bangkalan.

”Terbatas kalau pakai APBD kita. Harus dapat suntikan dana dari pemerintah pusat. Semoga saja disetujui,” harapnya.

Pria yang akrab disapa Yoyok itu menyatakan, pemkab percaya diri SGB bisa dipakai sebagai stadion piala dunia. Sebab selain dekat dengan Surabaya, tempatnya strategis. ”Tidak bau di sekitar stadion, terus lokasinya juga tidak terlalu padat,” ujarnya.           

Wakil Ketua DPRD Bangkalan Hotib Marzuki mengaku sangat setuju agenda tersebut. Terlebih, jika benar-benar bisa menjadi kenyataan. Tentu kontribusinya sangat besar untuk Bangkalan. ”Kami dukung sepenuhnya karena ini momentum yang harus didapat,” katanya.

(mr/daf/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia