Rabu, 13 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Hukum & Kriminal

Pemilik CV Amor Palapa Divonis 1 Tahun

07 November 2019, 11: 06: 08 WIB | editor : Abdul Basri

Pemilik CV Amor Palapa Divonis 1 Tahun

Share this      

Berita Terkait

SAMPANG – Kasus pembangunan RKB SMPN 2 Ketapang yang roboh mulai masuk sidang putusan. Seorang terdakwa diganjar satu tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan penjara.

Vonis tersebut dijatuhkan kepada Abd. Azis selaku pemilik CV Amor Palapa. Sidang putusan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya Selasa (5/11). Dengan demikian, masih ada enam terdakwa yang masih dalam proses persidangan.

Meliputi, konsultan pengawas Dodik Hariyanto dan Sofyan, pelaksana proyek Mastur dan Nuriman serta pejabat pembuat komitmen (PPK) M. Jupri Riyadi dan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) Ach. Rojiun.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang Munarwi mengatakan, untuk empat terdakwa, yaitu konsultan pengawas dan pelaksana, minggu depan akan menjalani sidang tuntutan. Sementara dua terdakwa lainnya yaitu PPK dan PPTK masih menjalani sidang pemeriksaan keterangan saksi.

Dia menjelaskan, untuk pemilik CV Amor Palapa vonisnya lebih rendah 6 bulan dibanding dengan tuntutan. Menurut dia, satu terdakwa tersebut dituntut hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan. ”Kasus RKB SMPN 2 Ketapang satu orang sudah divonis satu tahun penjara. Sekarang, tersisa enam orang yang belum dan masih jalani sidang,” paparnya.

Sidang kasus tersebut dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Surabaya. Antrean sidang bisa sampai malam hari. ”Sidangnya tiap Selasa untuk konsultan pengawas dan pelaksana, hari Jumat untuk PPK dan PPTK,” terangnya.

Bupati Sampang Slamet Junaidi mengatakan, proses hukum bagi pejabat yang terbukti melanggar aturan harus berlanjut. Pihaknya tidak bisa mengintervensi. ”Hukum ini kan ada prosesnya juga. Jadi, silakan dijalani dan dihormati serta dipertanggungjawabkan,” katanya.

(mr/rus/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia