Rabu, 13 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Kinerja Bidang Kearsipan Lamban

OPD Belum Setor Arsip

06 November 2019, 09: 46: 41 WIB | editor : Abdul Basri

BELUM SETOR ARSIP: Warga melintas di halaman utama kompleks pemerintah daerah di Jalan Jokotole, Senin (4/11).

BELUM SETOR ARSIP: Warga melintas di halaman utama kompleks pemerintah daerah di Jalan Jokotole, Senin (4/11). (ONGKY ARISTA UA/RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN – Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Pamekasan mengupayakan agar organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan untuk menyetorkan arsip-arsipnya.

Penyetoran dari OPD ke bidang kearsipan untuk penyelamatan dan penyimpanan sesuai prosedur kerja kearsipan. Namun, hingga November ini tak ada satu pun OPD yang mengindahkan ketentuan tersebut.

Setiap OPD sepatutnya menyerahkan arsip-arsip kantornya. Penyerahan arsip tersebut sesuai dengan ketentuan Undang-Undang 43/2009 tentang Arsip. Dalam hal ini arsip yang bersifat statis. Yakni memiliki nilai kesejarahan, habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan.

Arsiparis Bidang Kearsipan DPK Pamekasan Fadilah Yuhasari mengatakan, pihaknya akan segera melakukan monitoring guna mendorong OPD menyadari penyelamatan arsip. ”Selama ini belum ada OPD yang menyetor. Kemarin hanya ada tambahan data pilkada dari Kecamatan Pasean,” terangnya.

Selain monitoring, dia juga akan melakukan sosialisasi tentang arsip ke setiap OPD di lingkungan pemkab. ”Insyaallah minggu-minggu ini kami akan lakukan monitoring dan sosialisasi,” ungkap lelaki asal Sampang tersebut.

Selain dari OPD, arsip bisa berasal dari masyarakat dan perorangan. Hanya pihaknya belum menyosialisasikan tentang pokok penting arsip. ”Kalau kepada masyarakat dan perorangan belum sosialisasi,” terangnya.

Kasi Akuisisi dan Pengolahan Arsip DPK Pamekasan Nurhidayati Rasuli menyampaikan, pengarsipan masih tersendat. ”Belum ada yang setor, kapasitas gudang penyimpanan juga tidak memadai,” ungkapnya. (c2)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia