Sabtu, 14 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Lift Gedung Dewan dari Eropa

23 Oktober 2019, 12: 06: 02 WIB | editor : Abdul Basri

PERSIAPAN: Sejumlah pejabat saat melihat tempat dipasangnya eskalator gedung dewan tahun depan.

PERSIAPAN: Sejumlah pejabat saat melihat tempat dipasangnya eskalator gedung dewan tahun depan. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Proyek pembangunan gedung DPRD Bangkalan di Jalan Halim Perdanakusuma menelan anggaran Rp 45,2 miliar. Gedung para wakil rakyat tersebut cukup megah. Nantinya gedung itu menggunakan lift yang didatangkan dari Eropa.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Bangkalan Ishak Sudibyo mengutarakan, pembangunan gedung dewan terdiri atas empat lantai. Karena itu, dibuatkan lift yang langsung didatangkan dari Eropa. ”Tapi, bukan anggaran tahun ini, melainkan tahun depan. Sekarang hanya tempatnya. Eskalatornya pengadaan tahun depan,” katanya kemarin (22/10).

Pengadaan eskalator membutuhkan dana kurang lebih Rp 10 miliar. ”Berbicara kualitas, jelas berbeda kalau buatan Eropa,” ujarnya. Pria yang akrab disapa Yoyok itu menyampaikan, di gedung dewan untuk menuju tiap lantai bisa menggunakan lift atau naik tangga. ”Dipersiapkan dua jalur. Bisa pakai lift dan bisa naik tangga,” terangnya.

Yoyok menjelaskan, sampai sekarang belum bisa ditentukan Eropa mana yang akan dipilih untuk pengadaan lift. Sebab, baru dalam tahap pengajuan di APBD Bangkalan 2020. ”Pengadaan lift masuk anggaran 2020. Untuk itu, belum bisa memastikan,” jelasnya.

Dia menambahkan, pengadaan lift dianggarkan tahun depan supaya gedung dewan segera bisa digunakan. Apalagi diperkirakan baru bisa ditempati akhir 2020. ”Masih banyak fasilitas lanjutan yang perlu dianggarkan pada 2020. Salah satunya, lift itu,” imbuhnya.

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan, jika gedung dewan yang baru sudah bisa ditempati, kinerja wakil rakyat diharapkan lebih optimal. Apalagi gedungnya nanti pakai lift. ”Pembangunan megah ya gedung dewan. Kalau mau olahraga bisa naik tangga. Kalau ingin cepat bisa naik lift,” tandasnya. 

(mr/daf/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia