Selasa, 10 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Dorong CSR Migas untuk Kesejahteraan Masyarakat

22 Oktober 2019, 15: 09: 55 WIB | editor : Abdul Basri

Achmad Fauzi  Wabup Sumenep.

Achmad Fauzi Wabup Sumenep. (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan alam dalam perut bumi berupa minyak dan gas (migas). Sejumlah perusahaan migas melakukan eksplorasi dan eksploitasi, baik offshore maupun onshore di wilayah Kota Keris.

Wabup Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan, perusahaan-perusahaan tersebut memiliki kewajiban untuk melaksanakan corporate social responsibility (CSR). Khususnya di wilayah terdampak.

Diharapkan CSR perusahaan migas tidak hanya fokus pada bantuan pembangunan infrastruktur. Tetapi, juga pada upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM). Salah satunya memberdayakan masyarakat.

”CSR ini harus bisa memberikan manfaat yang berkesinambungan bagi masyarakat. Sehingga, bisa dirasakan betul manfaatnya,” kata politikus PDIP muda itu.

Tidak hanya itu, CSR juga bisa diarahkan untuk meningkatkan dan mengangkat produk unggulan di Sumenep. Misalnya, memberikan pelatihan-pelatihan kepada pelaku usaha industri rumahan. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat bisa terwujud.

”Jadi program-program CSR bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat. Secara tidak langsung bisa membantu untuk mengurangi angka kemiskinan,” ucap pengusaha muda tersebut.

Dia menambahkan, setiap capaian program CSR migas perlu dipublikasikan. Tujuannya, agar masyarakat mengetahui jika perusahaan migas yang beroperasi di wilayah Sumenep sudah melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaannya.

”Agar masyarakat percaya bahwa program ini berjalan dan benar-benar dirasakan,” ujarnya.

(mr/bad/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia