Rabu, 13 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Pencari Kerja Harus Terampil Disnakertrans Wacanakan Beri Short Course

14 Oktober 2019, 00: 41: 45 WIB | editor : Abdul Basri

SEPI: Pegawai sedang berada di ruang utama kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pamekasan.

SEPI: Pegawai sedang berada di ruang utama kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pamekasan. (ONGKY ARISTA UA/RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN – Mencari pekerjaan bukan perkara mudah. Hal itu terbukti dengan banyaknya anak muda pencari kerja yang tidak lulus seleksi ketika hendak masuk ke perusahaan.

Seperti dirasakan Nurul Dayat. Pemuda Desa Seddur, Kecamatan Pakong, itu tidak lulus dalam seleksi masuk kerja. Dia mendaftar ke salah satu perusahaan penyedia kerja pada Milenial Job Fair Pamekasan pada September 2019. ”Bingung cari kerja, sampai muter-muter yang melamar,” keluhnya.

Lulusan salah satu perguruan tinggi di Bangkalan akan mencari lowongan pekerjaan di daerah lain. ”Ikut job fair di Pamekasan tidak diterima dan mencari pekerjaan di Pamekasan tidak diterima sampai capek. Mau cari di Bangkalan saja,” katanya.

Kasubbag Perencanaan Disnakertrans Pamekasan Mukhlisun tidak menampik kemungkinan tidak mumpuninya skill pencari kerja. Karena itu, pihaknya akan membuat beberapa program untuk memfasilitasi itu. Misalnya, akan kerja sama dengan perusahaan. ”Ketika pencari kerja belum punya kompetensi di bidang yang dibutuhkan perusahaan tersebut, kami akan melatih dengan memberi short course,” terangnya.

Short course akan berisi pelatihan singkat. Mukhlisun mengatakan, nantinya pelatihan singkat itu bisa membantu pemenuhan skill yang tidak dimiliki oleh pencari kerja. ”Misalnya perusahaan butuh accounting, kita akan melatih pencari kerja tentang accounting untuk dua sampai tiga hari,” lanjutnya.

Dia mengklaim selama ini belum ada pelatihan pendek semacam itu. Jadi, banyak perusahaan yang tidak menyerap pencari kerja dengan alasan pencari kerja tidak mumpuni dalam bidang yang dibutuhkan. Program tersebut masih dalam rencana disnakertrans. ”Nanti program ke depannya seperti itu. Saya sudah komunikasi dengan salah satu perusahaan untuk berbicara hal tersebut ke depan,” jelasnya. (c2)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia