Rabu, 13 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Jadikan Akses Suramadu Pusat Ekonomi

14 Oktober 2019, 00: 29: 22 WIB | editor : Abdul Basri

LENGANG: Sujumlah pengendara melintas di akses Jembatan Suramadu kemarin.

LENGANG: Sujumlah pengendara melintas di akses Jembatan Suramadu kemarin. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Pemkab Bangkalan mulai mengantisipasi rencana pembangunan kawasan kaki Jembatan Suramadu sisi Madura (KKJSM). Terutama dalam urusan kewenangan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah pusat, Pemprov Jawa Timur, dan Pemkab Bangkalan harus bersinergi memaksimalkan fungsi Jembatan Suramadu.

Pj Sekkab Bangkalan Setijabudhi mengutarakan, pembangunan KKJSM harus mengikuti koridor pembagian peran antar pemerintah dalam kerangka asas otonomi daerah dan tugas pembantuan. ”Sebagai pemacu pengembangan ekonomi daerah dapat tercapai, harus ada sinergitas,” katanya.

Menurut Budhi, pengembangan tata ruang pembangunan Bangkalan bisa dilakukan dengan menjadikan Jembatan Suramadu sebagai pusat pertumbuhan dan aktivitas perekonomian. Sebab, di lokasi tersebut merupakan orientasi dan titik tumbuh perekonomian skala besar. ”Akses Jembatan Suramadu harus jadi pusat pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Karena itu, perlu persiapan dan perbaikan iklim investasi yang kondusif bagi investor. Dengan demikian, nanti benar-benar membantu pembangunan perekonomian Bangkalan. ”Pemkab Bangkalan siapkan itu nanti,” ucapnya.

Pemkab Bangkalan juga harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Tujuannya, agar masyarakat lokal tidak hanya jadi buruh atau tamu di tempat sendiri. ”Caranya ya dengan fasilitasi aktivitas ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal,” paparnya.

Lalu, menyiapkan santri entrepreneurship dan 1.000 wirausahawan di setiap kecamatan. ”Termasuk bantuan modal usaha untuk petani, nelayan, UMKM, dan koperasi,” pungkasnya. 

(mr/luq/daf/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia