Senin, 14 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Hukum & Kriminal

Satu Bacakades Positif Narkoba

07 Oktober 2019, 00: 37: 50 WIB | editor : Abdul Basri

Satu Bacakades Positif Narkoba

Share this      

SAMPANG – Salah satu syarat mencalonkan diri sebagai kepala desa harus terbebas dari narkoba. Hal itu berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) 31/2019.

Kamis (3/10) lalu, 130 bakal calon kepala desa (bacakades) dari 38 desa menjalani tes urine. Tes dilaksanakan selama dua hari di kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur.

Dari hasil tes tersebut diketahui satu bacakades positif mengonsumsi amphetamine dan methamphetamine. Hal itu dibenarkan oleh Plt Kepala Bakesbangpol Sampang Jaya Abrianto. ”Iya ada satu bacakades,” terangnya Jumat (4/10) saat ditanya bacakades positif narkoba.

Jaya Abrianto mengaku tidak mempunyai kewenangan kebijakan selanjutnya. Apakah yang bersangkutan tetap berlanjut ke tahap berikutnya atau tidak. ”Silakan koordinasi dengan P2KD, karena itu bukan ranah kami lagi,” singkatnya.

Kepala DPMD Sampang Malik Amrullah mengatakan, berdasarkan ketentuan dan aturan, bacakades harus bebas dari narkoba. Namun, pihaknya tidak bisa memastikan bahwa bacakades yang positif narkoba tidak lolos.

”Kalau aturannya memang harus bebas narkoba. Tapi untuk menerjemahkan itu langsung ke bakesbangpol saja,” ungkapnya.

Pihaknya belum melihat secara detail hasil tes urine para bacakades. Namun, dia mengakui mendapat informasi terkait bacakades positif narkoba. ”Itu BNNP Jawa Timur yang tahu detailnya. Kami belum melihat data pastinya,” terangnya.

Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sampang Ahmad Mohtadin mengatakan, pilkades harus berlangsung aman. Bacakades yang dinyatakan lolos harus bisa mengondusifkan para pendukungnya. ”Jaga sportivitas. Jangan sampai pilkades ini jadi pemicu adanya konflik,” ungkapnya.

Pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap seluruh desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi akar rumput tersebut. ”Kami hanya mendeteksi potensi adanya konflik di desa, lalu melaporkan ke pihak terkait,” pungkasnya.

(mr/rus/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia