Sabtu, 14 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Tidak Mudah Naikkan Gaji THL

BKPSDA Nyatakan Kewenangan BPKAD

04 Oktober 2019, 10: 44: 11 WIB | editor : Abdul Basri

TERTUTUP: Komisi A DPRD Bangkalan membahas keluh kesah THL dengan BKPSDA kemarin.

TERTUTUP: Komisi A DPRD Bangkalan membahas keluh kesah THL dengan BKPSDA kemarin. (DAFIR FALAH/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Aduan para tenaga harian lepas (THL) ke Komisi A DPRD Bangkalan beberapa waktu lalu bakal sia-sia. Sebab, setelah komisi A memanggil pihak BKPSDA kemarin (3/10), tidak ada solusi yang jelas. Terutama berkaitan dengan permintaan kenaikan gaji THL.

Ketua Komisi A DPRD Bangkalan Moh. Mujibur Rahman mengutarakan, pihaknya sudah memanggil pejabat BKPSDA. Hasilnya belum memuaskan para THL. Sebab, BKPSDA tidak bisa berbuat apa-apa untuk menaikkan gaji THL dari Rp 1.250.000 per bulan menjadi Rp 1.800.000. ”Bukan ranahnya BKPSDA untuk urusan gaji THL, melainkan BPKAD,” katanya.

Menurut dia, permintaan kenaikan gaji THL akan diurus oleh komisi B. Tuntutan para THL bisa jadi dasar untuk disampaikan ke BPKAD. ”Urusan gaji berkaitan dengan anggaran,” ujarnya.

Berkenaan dengan nasib THL, itu juga bukan ranah BKPSDA. Sebab, rekrutmen CPNS dan PPPK ditangani pemerintah pusat. ”Tapi, kami tetap minta ada pengawalan supaya batas usia 35 tahun dan ijazah dipikirkan oleh pemerintah pusat,” terangnya.

Mujib mengatakan, ribuan THL di Bangkalan cukup lama mengabdi. Usia mereka mayoritas di atas 35 tahun. Ijazah terakhir mereka SMA sederajat. ”Untuk menempuh pendidikan lebih tinggi, THL terkendala biaya. Makanya minta kenaikan gaji,” ucapnya.

Kabid Mutasi dan Promosi BKPSDA Bangkalan Yudi Indra Setiawan menjelaskan, gaji THL merupakan kewenangan BPKAD. Namun, sejauh ini kesejahteraan para THL sudah diperhatikan.

Adapun rekrutmen CPNS dan PPPK, yang membuat persyaratan batas usia dan ijazah adalah pemerintah pusat. Karena itu, Pemkab Bangkalan tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab, pemerintah daerah hanya fasilitator. 

(mr/daf/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia