alexametrics
Jumat, 24 Sep 2021
radarmadura
Home > Politik Pemerintahan
icon featured
Politik Pemerintahan

Agenda Hari Ini Penetapan BK dan Bamus

24 September 2019, 03: 45: 59 WIB | editor : Abdul Basri

Muhammad Fahad  Ketua DPRD Bangkalan.

Muhammad Fahad Ketua DPRD Bangkalan. (DAFIR/RadarMadura.id)

Share this      

PENGISIAN anggota fraksi ke tiap AKD penuh dinamika. Bahkan rapat paripurna kemarin (23/9) berkali-kali diskorsing. Tujuannya, mencari musyawarah mufakat.

Alhasil, baru tiga AKD yang disepakati dan dijadikan keputusan DPRD. Yakni, komposisi komisi beserta unsur pimpinan dan anggota. Juga bapemperda dan banggar. Sementara badan kehormatan (BK) dan badan musyawarah (bamus) dilanjutkan hari ini.

Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad mengutarakan, sering dilakukannya skorsing dalam paripurna penetapan penyusunan AKD bukan semata-mata karena menggunakan tatib lama. Tetapi, bertujuan musyawarah mufakat. ”Alhamdulillah tiga AKD berjalan lancar dan sudah ditetapkan,” katanya kemarin.

Baca juga: Tolak UU KPK dan RUU KUHP Mahasiswa UTM Galang Seribu Tanda Tangan

Untuk BK dan bamus dilanjutkan hari ini. Sebab, waktu terbatas. ”Ditunda dulu untuk dua AKD. Ini untuk mencari kesepakatan bersama,” ujar politikus Partai Gerindra itu.

Dia menyatakan, BK nantinya melalui pemilihan. Setiap fraksi mengajukan seorang anggota. Sebab, komposisi di BK sebanyak lima anggota. ”Kami di DPRD punya tujuh fraksi. Sementara BK itu hanya lima orang. Makanya, nanti melalui pemilihan,” jelasnya.

Komposisi bamus 12 anggota. Hanya, unsur pimpinan bamus sudah melekat di pimpinan dewan. ”Ketua bamus tetap saya. Tapi, untuk anggota-anggotanya, perlu kesepakatan lagi,” terangnya.

Meski tersisa dua AKD yang belum ditetapkan, dia yakin tidak akan menghambat pembahasan KUA-PPAS 2020. ”Karena besok (hari ini, Red) pasti selesai,” pungkasnya. 

(mr/daf/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news