Senin, 14 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Disapu Angin dan Dihantam Ombak, Perahu Nelayan Pasongsongan Karam

14 September 2019, 09: 38: 43 WIB | editor : Haryanto

KARAM: Perahu nelayan Pasongsongan rusak usai dihantam angin dan ombak, Jumat (13/9).

KARAM: Perahu nelayan Pasongsongan rusak usai dihantam angin dan ombak, Jumat (13/9). (Moh Rusydi Zain/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP - Nasib nahas menimpa perahu milik Hj Misatun, warga Dusun Lebak, Desa/Kecamatan Pasongsongan. Sebab, perahunya pecah dihantam ombak saat sandar di Pelabuhan Pasongsongan.

H Slamet , salah satu keponakan Hj Misatun mengatakan, pihaknya baru sandar di Pelabuhan Pasongsongan usai melaut pada pukul 10.00. "Saat itu, tangkapan ikan sekitar 150 basket," ujarnya.

Menurutnya, perahu tersebut akan berangkat melaut setelah selesai salat Jumat. Karena itu, diparkir di luar kolam labuh karena akan berangkat melaut.

"Jika ditaruh di dalam kolam labuh tidak bisa keluar. Pintu kolam labuh pasirnya tinggi. Jika melintas akan kandas," imbuhnya.

Dijelaskan, sekitar pukul 12.00 perahu yang sandar tersebut diterpa angin kencang dan dihantam ombak. Akibatnya, jangkarnya lepas dan perahu berjalan tanpa kendali.

Parahnya, perahu menghantam dan naik ke tangkis laut di pintu masuk kolam labuh. Akibatnya, bagian bawah perahu pecah dan tersangkut batu tangkis laut model T.

"Tak bisa tertolong, perahu nyangkut ke batu tangkis laut, perahu di bagian bawah jebol kanan kiri," paparnya.

Hingga kini, perahu masih tersangkut. Nelayan bergotong royong menurunkan barang-barang dan alat tangkap. "Rencananya, perahu akan ditarik menggunakan alat berat Minggu besok (14/9)" paparnya.

Slamet menambahkan, kerugian diperkirakan Rp 200 juta. Pihaknya berharap kepada pemerintah melalui pihak pelabuhan dapat memberikan bantuan. "Sebab, alat tangkap dan perahu kami rusak parah," pungkasnya.

Ketika RadarMadura.id mengkonfirmasikan hal tersebut ke otoritas Pelabuhan Pasongsongan tidak membuahkan hasil. Sebab, tidak bisa dikonfirmasi.

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia