Senin, 14 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Kunjungi Bangkalan, Jangan Lupa Cicipi Tajin Sobih. Harganya Segini

13 September 2019, 09: 35: 02 WIB | editor : Haryanto

Kunjungi Bangkalan, Jangan Lupa Cicipi Tajin Sobih. Harganya Segini

Share this      

BANGKALAN - Madura saat ini menjadi salah satu destinasi wisata. Selain tempat wisata, pelancong juga sudah mengetahui bawa Madura memiliki beragam kuliner yang khas. Termasuk Kabupaten Bangkalan.

Salah satu makanan tradisional khas Bangkalan yang melegenda adalah bubur atau Tajin Sobih. Konon, berasal dari Desa Sobih, Kecamatan Burneh. Penjualnya mengenakan kebaya dan kain samper.

Penjual Tajin Sobih biasanya mangkal di depan Stadion Glora Bangkalan (SGB) yang terletak di Jalan Soekarno Hatta. Namanya Ibu Amina atau akrab disapa Mbah Sumrah. Berjualan Tajin Sobih sejak 1972.

Jika ingin mencicipi Tajin Sobih, cukup menyodiran duit Rp 4 ribu hingga Rp 5 ribu. Tajin Sobih yang terdiri beras ketan, gula merah, santan, lupis, klanting dan Kolpang akan tersaji di atas daun pisang.

Mbah Sumrah biasanya berjualan mulai pukul 06.00 sampai pukul 07.00 di Pasar Seninan. Setelah itu, bergeser ke SGB. Di stadion kebanggaan warga Kota Salak itu, dia berjualan hingga pukul 12.00.

Menurut Mbah Sumrah, sebenarnya sudau tidak mampu berjalan kali menyunggi dagangannya. "Sempat jatuh dan kaki saya bengkok. Karena itu, berjualan di sini (SGB, Red) saja," ucapnya.

Diceritakan, penjual Tajin Sobih dulu berjualan di desa setempat. Tapi, lambat laun mulai menjajahkan ke luar desa dan semakin diminati. Tajin Sobih sudah dipatenkan oleh Bupat Bangkalan R Latif Amin Imron. (Chitrani Nurindraty)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia