Jumat, 20 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Setujui 740 Pemohon Izin melalui OSS

12 September 2019, 02: 57: 48 WIB | editor : Abdul Basri

TERIK: Pengendara roda dua melintas di depan kantor DPMPTSP Bangkalan.

TERIK: Pengendara roda dua melintas di depan kantor DPMPTSP Bangkalan. (ZAINURI/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Upaya pemerintah pusat meningkatkan investasi di daerah salah satunya dengan menerapkan pelayanan perizinan usaha berbasis online single submission (OSS). Pemerintah berharap inovasi sistem tersebut memudahkan masyarakat yang mengurus perizinan. Baik izin usaha kecil menengah (UKM) maupun izin mendirikan bangunan (IMB).

Aplikasi OSS di Bangkalan berjalan mulus. Jumlah pemohon yang datang langsung ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan untuk mengurus perizinan mengalami penurunan.

Kabid Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan DPMPTSP Bangkalan Eryadi Santoso mengatakan, sistem OSS membuat masyarakat semakin banyak yang mengurus perizinan. ”Sebelum ada OSS, warga yang mengurus perizinan 641pemohon,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil Erik itu menyampaikan, tahun ini yang mengurus perizinan melalui OSS mencapai 1.645 pemohon. ”Ini terhitung sejak launching bulan Januari hingga September ini,” sambungya.

DPMPTSP Bangkalan sudah mengeluarkan izin atau nomor induk berusaha (NIB) untuk 740 pemohon. Perinciannya, 412 usaha mikro dan 328 nonmikro. ”Yang mikro itu modal usahanya di bawah Rp 50 juta. Kalau yang nonmikro modal usahanya Rp 50 juta ke atas,” jelasnya.

”Itu semua bercampur, baik yang IMB dan UKM. Sebab, satu pemohon bisa mengajukan dua hingga tiga permohonan izin. Sementara kami belum melakukan pemisahan mana yang IMB mana yang UKM,” sambung Erik.

Hingga saat ini, ungkapnya, warga yang masih mengurus perizinan secara manual atau datang langsung ke kantor DPMPTSP Bangkalan sebanyak 991 orang. ”Jika dibandingkan dengan yang mengakses OSS, yang mengurus secara manual terbilang rendah,” tutup Erik. (c1)

(mr/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia