Jumat, 20 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Sampang

Wacanakan Mandangin Jadi Destinasi Wisata Baru

11 September 2019, 08: 26: 59 WIB | editor : Abdul Basri

BERSANDAR: Sebuah rute Gili Mandangin bersandar di Pelabuhan Tanglok, Kecamatan Sampang, kemarin.

BERSANDAR: Sebuah rute Gili Mandangin bersandar di Pelabuhan Tanglok, Kecamatan Sampang, kemarin. (IMAM S. ARIZAL/RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten Sampang terus berupaya menambah objek wisata baru. Tidak hanya di daratan, tetapi juga di kepulauan. Rencananya, ke depan Pulau Mandangin akan dijadikan destinasi wisata.

Kepala Disporabudpar Sampang Aji Waluyo mengutarakan, sudah lama pihaknya mewacanakan hal tersebut. Sebab, Pulau Mandangin memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Jika dikembangkan dengan baik, akan menarik minat para wisatawan, terutama wisatawan nusantara. ”Kami memang menginginkan Pulau Mandangin itu menjadi objek wisata baru di Sampang,” kata Aji kemarin (10/9).

Dijelaskan, ada empat titik yang bisa menjadi daya tarik wisatawan di Pulau Mandangin. Pertama, wisata religi Ragapadmi dan Bangsacara. Kedua, wisata pantai pasir putih. Ketiga, wisata diving dan snorkeling. Keempat, festival budaya rokat tase’.

”Di Pulau Mandangin itu pasirnya putih, cukup bagus untuk jadi objek wisata,” jelasnya. ”Wisatawan juga bisa menyelam di pantai tersebut dan menikmati keindahan bawah laut,” tambahnya.

Pembangunan wisata Mandangin ini rencananya akan dilakukan tahun depan. Pihaknya sudah mengajukan anggaran melalui dana alokasi khusus (DAK) 2020. Harapannya, pengajuan tersebut mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

”Kami mengajukan di DAK tahun depan untuk Mandangin. Sekarang (tahun anggaran 2019, Red) dapat untuk Lon Malang sebesar Rp 1,6 miliar. Mudah-mudahan tahun depan dapat lagi dan akan diarahkan ke Mandangin,” harapnya.

Untuk mewujudkan wisata Mandangin, akan melibatkan banyak pihak. Dinas Perhubungan sendiri akan memfasilitasi dari segi transportasi laut. Menurut Kepala Dishub Sampang Moh Zuhri, nantinya akan ada kapal yang berlayar dari Pelabuhan Taddan menuju Mandangin. 

(mr/mam/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia