Jumat, 20 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan
Protes Kinerja Tim Pemantau

Kepala Disperindag Tanda Tangani Pakta Integritas

11 September 2019, 03: 45: 59 WIB | editor : Abdul Basri

TERUS DIDESAK: Aktivis menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati Pamekasan kemarin.

TERUS DIDESAK: Aktivis menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati Pamekasan kemarin. (PRENGKI WIRANANDA/RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN – Puluhan aktivis menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati Pamekasan kemarin (10/9). Mereka protes kinerja tim pemantau tembakau yang dinilai kurang optimal.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Zainullah mengatakan, tim pemantau bentukan pemerintah tidak bekerja secara optimal. Akibatnya, perkembangan industri tembakau di pabrikan tidak terpantau dengan baik.

Bahkan, informasi yang diperoleh, ada pabrikan yang melarang tim pemantau masuk ke dalam gudang. Mereka hanya disodori data sesuai yang diinginkan. ”Sangat disayangkan, masak tim pemantau memantau dari luar gudang,” teriaknya.

Tim pemantau harus bekerja secara optimal. Mereka dibayar menggunakan uang rakyat untuk menyajikan data fakta di lapangan. Harapannya, segala bentuk pelanggaran pabrikan terpantau.

Massa aksi juga meminta bupati merealisasikan janji politik yang disampaikan pada masa kampanye lalu. Yakni, membela petani dengan mendesak pabrikan agar harga tembakau mahal.

Fakta di lapangan, harga daun emas itu sangat murah. Bahkan, ada sebagian petani kesulitan menjual tembakau. ”Di mana bupati, di mana janji yang disampaikan dulu,” kata mantan aktivis PMII itu.

Kepala Disperindag Pamekasan Bambang Edy Suprapto menemui langsung massa aksi. Dia berkomitmen menindaklanjuti tuntutan massa aksi. Bahkan, pria berkacamata itu menandatangani pakta integritas yang disodorkan peserta aksi.

Pakta integritas itu terkait komitmen pemerintah membela petani. Pemerintah siap menjatuhkan sanksi jika pabrikan melakukan pelanggaran. ”Mohon dukungan dari semua pihak,” katanya.

(mr/pen/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia