Jumat, 15 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Wakil Rakyat Masih Menganggur

Sekwan Belum Jadwalkan Sidang Paripurna

10 September 2019, 04: 05: 59 WIB | editor : Abdul Basri

SANTAI: Seorang warga dan sekuriti berjalan santai di halaman kantor DPRD Sampang kemarin.

SANTAI: Seorang warga dan sekuriti berjalan santai di halaman kantor DPRD Sampang kemarin. (IMAM S. ARIZAL/RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG – Anggota DPRD Sampang dilantik pada 25 Agustus lalu. Tetapi, sampai saat ini mereka belum bisa bekerja secara optimal. Bahkan, setiap hari para wakil rakyat itu hanya santai di kantornya.

Sejak dilantik, mereka memang sudah sah menjadi anggota legislatif. Namun, fungsi utama 45 anggota dewan itu belum melekat. Fungsi legislasi, budgeting, dan kontrol belum bisa digunakan. Sebab, saat ini alat kelengkapan DPRD belum terbentuk secara keseluruhan.

Satu-satunya alat kelengkapan yang terbentuk baru pimpinan fraksi. Sementara lainnya, seperti pembagian komisi, badan kehormatan, badan anggaran, badan pembentukan peraturan daerah, hingga badan musyawarah belum terbentuk. Pembentukan alat kelengkapan ini terhambat karena belum ada pimpinan definitif.

Awalnya, pelantikan pimpinan tetap DPRD masa jabatan ini terkendala rekomendasi dari DPP PPP yang tak kunjung turun. Tetapi kemarin, partai berlambang Kakbah itu sudah menyerahkan berkasnya ke sekretariat DPRD. Seperti yang pernah diberitakan koran ini sebelumnya, rekomendasi tetap tidak berubah, yakni turun kepada Amin Arif Tirtana.

Meski rekomendasi sudah komplet, tetapi sekretariat DPRD Sampang belum menjadwalkan kapan akan diparipurnakan. ”Barusan sudah ada informasi kalau hari ini (rekomendasi dari PPP) mau diserahkan,” kata Sekretaris DPRD Moh. Anwari Abdullah kemarin (9/9).

Ditanya kapan akan melakukan rapat paripurna internal untuk penyampaian calon pimpinan tetap DPRD masa jabatan 2019–2024, Anwari mengaku belum bisa menginformasikannya ke publik. Sebab, dia masih perlu koordinasi dengan pimpinan DPRD.

”Masih menunggu petunjuk dari pimpinan. Tapi yang jelas, setelah surat masuk, segera akan dilaksanakan paripurna,” tegasnya.

Pimpinan DPRD Sampang diambil dari empat partai pemenang. Ketua DPRD akan diisi oleh Fadol dari Fraksi PKB. Sementara tiga wakilnya masing-masing akan diisi Amin Arif Tirtana (PPP), Rudi Kurniawan (Nasdem), dan Fauzan Adima (Gerindra).

”Insyaallah begitu. Tapi bersabar ya, sampai ada paripurna penetapan pimpinan definitif,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Sampang Fadol mengatakan, pihaknya akan segera memproses rapat paripurna penyampaian pimpinan DPRD. Sebab, pimpinan sementara hanya diberi waktu satu bulan untuk melengkapi alat kelengkapan dewan. Dia menargetkan sebelum 25 September 2019 pimpinan tetap DPRD sudah dilantik dan alat kelengkapan bisa dilengkapi.

”Nanti setelah paripurna internal, nama-nama calon pimpinan tetap DPRD akan kami ajukan ke gubernur melalui Bapak Bupati,” tukasnya. 

(mr/mam/han/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia