Jumat, 20 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Pemasangan Sheet Pile Telan Rp 3,7 Miliar

10 September 2019, 05: 10: 59 WIB | editor : Abdul Basri

PROYEK NEGARA: Pekerja memasang sheet pile di Sungai Kalowang tepat di belakang Masjid Asy-Syuhada, Dusun Masegit, Kelurahan Gladak Anyar, kemarin.

PROYEK NEGARA: Pekerja memasang sheet pile di Sungai Kalowang tepat di belakang Masjid Asy-Syuhada, Dusun Masegit, Kelurahan Gladak Anyar, kemarin. (ONGKY ARISTA UA/RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN – Pemasangan sheet pile di bantaran sungai Kalowang, Dusun Masegit, Kelurahan Gladak Anyar, digarap sejak 19 Agustus. Proyek tersebut ditargetkan selesai pada 10 Desember 2019.

Proyek itu bertujuan melindungi Masjid Agung Asy-Syuhada yang menjadi ikon Pamekasan. Anggaran yang dialokasikan untuk proyek tersebut Rp 3,7 miliar. Anggaran proyek itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2019.

Setelah pemasangan sheet pile, akan berlanjut pada normalisasi sungai di sekitar proyek. Yakni, pengangkatan tanah atau tebing yang longsor dan membuat sungai dangkal. Proyek itu juga untuk mengantisipasi banjir. Terutama, di belakang masjid agung Pamekasan.

”Ada penurunan tanah, kita khawatir nanti di area mimbar masjid akan terjadi penurunan tanah juga. Maka, kami pelengseng pakai sheet pile supaya ikon Pamekasan aman,” terang Agus Priombodo, Kepala Seksi Konservasi Bidang Pengairan Dinas PUPR Pamekasan.

Di sisi sebelah timur tepat di belakang masjid dipasang 110 sheet pile. Panjang sheet pile sekitar 10 meter dan lebar sekitar 80 sentimeter. Dengan kedalaman pemasangan pancang 6–6,5 meter.

Sementara, untuk tebing di sisi sebelah barat, ada 40 sheet pile yang akan dipasang.  Hingga kemarin (9/9), pekerja menggarap pemasangan sheet pile di sisi sebelah barat. ”Karena masjid ini ikon, juga karena permintaan warga, agar tidak terjadi banjir,” tutup Agus. (c2)

(mr/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia