Jumat, 20 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

10 Sungai Jadi Tempat Pembuangan Sampah

10 September 2019, 01: 05: 59 WIB | editor : Abdul Basri

JADI TEMPAT BUANG SAMPAH: Pengendara melintas di jembatan sungai Dusun Duko, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota, kemarin.

JADI TEMPAT BUANG SAMPAH: Pengendara melintas di jembatan sungai Dusun Duko, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota, kemarin. (ONGKY ARISTA UA/RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN – Kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan masih rendah. Sungai di wilayah Kota Pamekasan kerap menjadi tempat pembuangan sampah.

Terdapat sepuluh titik sungai di Kota Gerbang Salam yang menjadi tempat pembuangan sampah. Yakni, Sungai Kalowang di Kelurahan Kowel dan Sungai Jungcangcang di Kelurahan Jungcangcang.

Kemudian sungai di Dusun Duko, Kelurahan Gladak Anyar dan sungai di Dusun Basar, Kelurahan Bugih. Lalu, sungai di Kelurahan Bugih dan sungai di belakang Pasar Kolpajung, Kelurahan Kolpajung.

Sungai di jembatan Sawah Dalam, Jalan Jokotole, juga tidak luput dari sampah. Sungai Manten Satu di sisi barat perpusda dan sungai di Jalan Cokroatmojo, Kelurahan Parteker. Kemudian jembatang penghubung Desa Bettet dan Teja Barat di selatan kampus UIM.

Menurut Untung, warga Dusun Duko, Kelurahan Gladak Anyar, yang membuang sampah di jembatan sungai di sekitar rumahnya orang luar. ”Sudah ada papan larangan jangan membuang sampah. Hanya tidak diindahkan. Biasanya mereka naik sepeda dan melempar,” terang pria 55 tahun tersebut.

Di lokasi berbeda, Sadarah, warga di sekitar Gladak Basar, Kelurahan Bugih, mengatakan hal serupa. ”Kalau warga sini tidak mungkin buang ke jembatan. Karena sudah ada tempat sampahnya. Setiap bulan kami bayar Rp 12 ribu untuk uang kebersihan,” tutur pria 62 tahun tersebut.

Warga berharap, kebiasaan buruk buang sampah ke sungai ditindaklanjuti. Sayang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Amin Jabir tidak berkenan memberikan keterangan terkait masalah tersebut. (c2)

(mr/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia