Jumat, 13 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Bina Dinas Teknis, DPRKPCK Jatim Gelar Bimtek Bangunan Gedung di Batu

06 September 2019, 07: 23: 59 WIB | editor : Haryanto

PAPARAN: Narasumber saat membagi ilmu ke peserta.

PAPARAN: Narasumber saat membagi ilmu ke peserta. (DPRKPCK Jawa Timur for RadarMadura.id)

Share this      

SURABAYA - Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPRKPCK) Jawa Timur (Jatim) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bangunan Gedung di Kota Batu.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh OPD di lingkungan Pemprov Jatim maupun dinas teknis utusan kabupaten/kota yang menangani bangunan gedung.

Kepala DPRKPCK Jatim M Rudi Ermawan Yulianto mengatakan, bimtek juga berfungsi sebagai pembinaan teknis institusinya. Caranya, menyebarluaskan peraturan dan perundang-undangan.

ANTUSIAS: Peserta saat mengikuti Bimtek Bangunan Gedung di Kota Batu pada Kamis lalu (29/8).

ANTUSIAS: Peserta saat mengikuti Bimtek Bangunan Gedung di Kota Batu pada Kamis lalu (29/8). (DPRKPCK Jawa Timur for RadarMadura.id)

"Dalam bimtek nanti, akan diinformasikan  peraturan. Termasuk, peraturan baru. Bimtek ini sarana komunikasi dan koordinasi untuk mempercepat implementasi peraturan terkait bangunan gedung," ujarnya.

Dijelaskan, pemberlakuan Permen PUPR Nomor: 22/PRT/M/2018 tentang  Pembangunan Bangunan Gedung Negara, mengamanahkan seluruh bangunan gedung harus menjamin keandalan teknis.

Mulai dari aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan. Proses penyelenggaraan pembangunannya pun harus sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Berdasar Peraturan Menteri Nomor: 22/PRT/M/2018 tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara, dinas teknis menangani pembangunan bangunan gedung dan melakukan pembinaan.

"Melalui penyediaan tenaga pengelola teknis dalam mengelola kegiatan pembangunan di bidang teknis administratif dan penyediaan informasi," imbuhnya.

Rudi mengapresiasi antusiasme seluruh peserta. "Semoga senantiasa diberi kelancaran dan kemudahan saat mengemban tugas mewujudkan penyelenggaraan bangunan gedung yang tertib," paparnya.

Rudi berharap peserta bimtek menyimak materi yang disampaikan narasumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.RI.

"Termasuk menggali informasi, berkonsultasi dan mencari solusi mengenai penyelenggaraan pembangunan gedung serta jasa konstruksi," imbuhnya.

Dengan diterapkannya peraturan, masyarakat diharapkan mendapat manfaat pembangunan bangunan gedung. Bukan hanya mengutamakan aspek teknis keselamatan, kesehatan dan kenyamanan.

Tapi, juga efisien mengelola sumber daya serta bisa selaras, serasi, dan harmonis dengan lingkungan.

"Semoga informasi dan pengalaman yang diperoleh bisa bermanfaat bagi penyelenggaraan pembangunan bangunan gedung di tempat bapak dan ibu bertugas," tutup Rudi.

(mr/bam/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia