Sabtu, 22 Feb 2020
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Enam Partai Terbagi Dua Gerbong

28 Agustus 2019, 05: 45: 59 WIB | editor : Abdul Basri

Enam Partai Terbagi Dua Gerbong

Share this      

PEROLEHAN suara enam partai politik (parpol) di Bangkalan tidak mencapai satu fraksi pada Pileg 2019. Mereka harus bergabung dengan partai lain untuk membentuk fraksi. Kini sudah terbentuk dua gerbong. Kendati demikian, fraksi di DPRD Bangkalan periode 2019–2024 berjumlah tujuh.

Parpol yang belum mencapai satu fraksi adalah PAN, PKS, Hanura, Golkar, Berkarya, dan Perindo. Tiga parpol yang memperoleh tiga kursi yakni, PAN, Hanura, dan PKS. Sementara Golkar dan Berkarya masing-masing dua kursi. Sedangkan Perindo hanya satu kursi.

PAN, Golkar, Berkarya, dan Perindo sepakat bergabung jadi satu fraksi kemarin (27/8). Mereka bersatu dalam gerbong Fraksi Golongan Persatuan Amanat Berkarya. Solihin dari PAN terpilih sebagai ketua dan Hai dari Golkar jadi wakilnya.

Satu fraksi lainnya gabungan merupakan Hanura dan PKS. Nama gerbong dua partai ini belum disepakati. Hanya, usulan awal bakal dikasih nama Fraksi Keadilan Nurani. Unsur pimpinan fraksi tersebut juga belum diputuskan.

Solihin mengutarakan, hasil pembentukan fraksi ini belum disetorkan ke sekretariat DPRD. Sebab, masih dibicarakan mengenai pengisian di alat kelengkapan dewan (AKD). ”Besok (hari ini) kami setor ke bagian sekretariat karena musyawarah untuk pengisian di alat kelengkapan dewan,” ujarnya.

Ketua DPD PKS Bangkalan Akhmad Moestamin mengatakan, PKS gabung dengan Hanura karena dua partai ini sudah cukup membentuk satu fraksi. Perolehan kursi di parlemen masing-masing tiga kursi. ”Klir jadi satu fraksi. Hanya, nama belum final karena perlu dibacarakan. Tapi, usulan dari PKS, namanya ya Fraksi Keadilan Nurani,” paparnya.

Pria asal Pamekasan itu menjelaskan, pembentukan fraksi hasil gabungan Hanura dan PKS bakal dilaksanakan hari ini (28/8). ”Karena masih ada pertemuan lagi. Termasuk, soal posisi pimpinan di fraksi,” jelasnya.

(mr/daf/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia