Senin, 16 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Kurangi Resiko Korban Bencana, Ini Yang Dilakukan BPBD Sumenep

25 Agustus 2019, 18: 25: 31 WIB | editor : Haryanto

SAYANG ANAK: Achmad Fauzi (topi hitam) foto bareng murid PAUD.

SAYANG ANAK: Achmad Fauzi (topi hitam) foto bareng murid PAUD. (Rofiqi/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Maraknya kasus bencana yang menimpa warga menuntut pemerintah hadir. Terlebih, bencana kecil yang bisa terjadi kapan saja. Misalnya kebakaran, banjir atau gempa. Jika penanganannya tidak benar, bisa berakibat fatal.

Melalui program sosialisasi informasi dan mitigasi bencana, BPBD hadir ke tengah masyarakat untuk memberi pemahaman cara mengatasi bencana. “Ini upaya kami memperkecil resiko korban bencana,” kata Kepala BPBD Sumenep, Abd Rahman Riadi.

Khusus bencana kebakaran, Rahman menghimbau dan berharap masyarakat segera melapor ke BPBD Sumenep. “Jika kebakaran tergolong skala besar, silahkan hubungi call center pemadam kebakaran yakni 0823-3445-8686,” imbuhnya.

MEMBARA: Emak-emak menggunakan APAR dalam simulasi pemadaman api.

MEMBARA: Emak-emak menggunakan APAR dalam simulasi pemadaman api. (Rofiqi/RadarMadura.id)

Selain memberi simulasi tanggap bencana cara memadamkan api menggunakan  karung basah dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), BPBD juga mendirikan pos kesehatan. Itu untuk warga yang ingin cek kesehatan gratis dan donor darah.

"Lokasinya di arena Car Free Day (CFD) prakarsa BPBD Sumenep dan Jawa Pos Radar Madura (JPRM)," paparnya.

Rahman menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak panik ketika menghadapi bencana. “Tapi, masyarakat harus siaga dan waspada terhadap bencana,” pungkasnya.

Wabup Sumenep Achmad Fauzi mengapresiasi kegiatan CFD prakarsa JPRM dan tergelarnya sosialisasi dan informasi mitigasi bencana oleh BPBD Sumenep. “Kegiatan seperti ini penting bagi masyarakat sebagai upaya mitigasi bencana,” ujarnya usai menyerahkan hadiah kepada murid PAUD. (Rofiqi)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia