Sabtu, 24 Aug 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Terima KIS dan Iuran Dibantu Pemkab Pamekasan, Mohalil Merasa Tenang

31 Juli 2019, 13: 54: 56 WIB | editor : Haryanto

SENANG: Mohalil dan keluarga menunjukkan KIS.

SENANG: Mohalil dan keluarga menunjukkan KIS. (BPJS Kesehatan for RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN - Saat biaya pelayanan medis mahal, memiliki jaminan kesehatan itu sangat penting. Tapi, tidak semua orang mampu memproteksi diri dan anggota keluarganya terhadap resiko penyakit dengan membeli asuransi atau jaminan kesehatan.

Karena itu, pemerintah melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membuat terobosan. Warga tidak mampu bisa memiliki jaminan kesehatan. Suatu saat, KIS itu akan berguna jika terkena resiko penyakit.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, pemerintah telah membagi dua kelompok kepesertaan. Yaitu peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) jaminan kesehatan dan peserta non PBI jaminan kesehatan.

Saat ini, melalui kepesertaan JKN-KIS dari segmen PBI, warga kurang mampu bisa memiliki jaminan kesehatan yang dibiayai pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Sehingga, tidak perlu membayar iuran setiap bulan.

Seperti halnya Mohalil, warga Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan. Mohalil dan tiga anggota keluarganya telah terdaftar sebagai peserta PBI. Sebelum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, saat berobat mengeluarkan biaya sendiri.

Namun setelah terdaftar ke program yang memiliki prinsip utama Gotong Royong itu, Mohalil merasa lebih tenang karena telah memiliki jaminan kesehatan.

“Harapannya, saya sekeluarga tetap sehat dan jangan sampai sakit. Tapi kalau suatu saat sakit, maka KIS ini yang akan digunakan untuk berobat ke puskesmas supaya sudah tidak membayar lagi," ujarnya.

Mohalil merupakan salah satu warga yang terdaftar sebagai peserta PBI Pemkab Pamekasan. Dengan kepesertaan tersebut, peserta JKN-KIS kini bisa mengakses pelayanan kesehatan berkualitas yang tidak diskriminatif. (*)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia