Senin, 16 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Bangkalan Dapat Kucuran Rp 22 Miliar

Dari Bagi Hasil Pajak Provinsi

29 Juli 2019, 14: 30: 25 WIB | editor : Abdul Basri

LENGANG: Pengendara melintas di dekat tugu Adipura di Jalan A. Yani, Bangkalan, kemarin.

LENGANG: Pengendara melintas di dekat tugu Adipura di Jalan A. Yani, Bangkalan, kemarin. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Pemkab Bangkalan kembali mendapat kucuran dana puluhan miliar rupiah. Kali ini dari bagi hasil pajak provinsi. Nilainya mencapai Rp 22.978.114.600.

Sebelum APBD Perubahan 2019, dana bagi hasil pajak provinsi Rp 113.330.206.928. setelah APBD Perubahan, nilainya bertambah menjadi Rp 136.308.321.528.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bangkalan Ismet Effendi mengutarakan, bagi hasil pajak dari provinsi bertambah. Hal tersebut merupakan kewenangan Pemprov Jatim. Untuk itu, nantinya digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Dana itu disebar ke semua OPD. Misalnya, ke jalan ya ke jalan. Kalau ke kesehatan, ya kesehatan,” katanya kemarin.

Menurut dia, bagi hasil pajak dari provinsi ini sumbernya dari pajak kendaraan bermotor, kemudian dari bea balik nama kendaraan bermotor, serta pajak pengambilan dan pemanfaatan air permukaan. ”Juga dari bagi hasil pajak dari rokok. Dari situlah sumber-sumber bagi hasil pajak dari provinsi,” ujarnya.

Mantan kepala DPMPTSP Bangkalan itu menyatakan, adapun penentuan jumlahnya berapa, itu merupakan kewenangan pemerintah Provinsi Jatim. Kabupaten hanya menerima. Sebab, dana tersebut terkadang tidak dikucurkan 100 persen. ”Semoga saja nanti dikucurkan 100 persen. Yang jelas, kami menerima saja,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Bangkalan Fatkurrahman mengatakan, kucuran dana tersebut harus dipergunakan untuk kegiatan urgen. Misalnya, untuk kesehatan dan infrastruktur supaya bermanfaat. ”Urusan beginian menjadi tanggung jawab bersama. Tapi, peruntukannya dari pihak eksekutif,” katanya.

(mr/daf/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia