Senin, 16 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan
AGEN ZAKARIA

Topang Ekonomi Keluarga hingga Beli Mobil

27 Juli 2019, 14: 44: 06 WIB | editor : Abdul Basri

BERSEMANGAT: Agus Zakariyah, agen koran Jawa Pos Radar Madura asal Kecamatan Kamal, Bangkalan, bercerita pengalamannya selama jadi agen koran.

BERSEMANGAT: Agus Zakariyah, agen koran Jawa Pos Radar Madura asal Kecamatan Kamal, Bangkalan, bercerita pengalamannya selama jadi agen koran. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Agus Zakariyah adalah salah seorang agen berprestasi Jawa Pos Radar Madura (JPRM). Pria 57 tahun itu hampir separo hidupnya bekerja sebagai agen koran.

Dia tinggal di Jalan Raya Kamal, Bangkalan. Saat kami tiba di depan rumahnya, Agus Zakariyah membuka pintu pagar. Terlihat sebuah mobil terparkir di halam rumah yang menghadap ke barat itu.

Sembari mempersilakan duduk, Agus bercerita selama jadi agen koran. Dia mengaku hampir 27 tahun berjualan koran. Bahkan, jauh sebelum Jawa Pos Radar Madura (JPRM) berdiri. ”Masih Jawa Pos. Saya sudah jadi agen koran di Kamal,” kata Selasa (23/7).

Agus mengaku pernah langsung ambil sendiri koran ke percetakan. Hal itu diperbolehkan oleh Jawa Pos asalkan oplahnya banyak dan selalu bayar dimuka. ”Jualan koran itu lahan emas. Saya sempat ambil sendiri ke percetakan,” terangnya.

Menurut dia, jualan koran itu sangat membantu perekonomian keluarga. Sebab, untungnya cukup untuk hidup layak. ”Kalau tiga tahun bisa nggak ya beli mobil? Akhirnya bisa mobil juga,” jelasnya.

Ayah dua anak itu mengatakan, menjadi agen koran sangat menyenangkan. Selain banyak tahu tentang informasi terbaru, dia bisa mendapat penghasilan. ”Benar-benar menikmati. Memang benar-benar merasakan hasilnya jualan koran. Intinya, ada peningkatan perekonomian,” ucapnya.

Agus akan tetap menjalankan bisnis koran. Sebab, dia tidak ingin melupakan sejarah betapa jualan koran itu sangat membantu terhadap pemasukan finansial. ”Sampai kapan pun, koran tetap saya pegang. Sampai habis koran itu, baru tidak jadi agen koran,” sebutnya.

Dia meyakini koran tetap akan berjaya manakala kualitas beritanya dijaga. Sebab, masih banyak pembaca membutuhkan koran. ”Karena informasi di koran itu lebih lengkap. Makanya, dijaga kualitasnya karena masih ada yang cari,” ujarnya.

Komitmen itu sejalan dengan keberadaan JPRM yang tetap bertahan hingga saat ini. Sejak berdiri pada 1999, Korannya Orang Madura ini tetap setia menemui pembaca setiap hari. Dia pun mengucapkan selamat ulang tahun ke-20.

(mr/daf/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia