Sabtu, 07 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Jamaah KBIH Nurul Hikmah Kunjungi Jabal Rahmah

24 Juli 2019, 11: 30: 22 WIB | editor : Abdul Basri

TAMU ALLAH: CJH asal Pamekasan menaiki bus saat menuju Jabal Rahmah kemarin.

TAMU ALLAH: CJH asal Pamekasan menaiki bus saat menuju Jabal Rahmah kemarin. (SARI PURWATI/RadarMadura.id)

Share this      

MAKKAH – Calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Pamekasan KBIH Nurul Hikmah mengunjungi Jabal Rahmah kemarin (23/7). Bukit itu merupakan tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa setelah berpisah ratusan tahun sejak dikeluarkan dari surga.

”Nabi Adam diturunkan ke bumi dari surga karena memakan buah khuldi yang dilarang oleh Allah SWT. Setelah berpisah cukup lama, Allah mempertemukan keduanya di Jabal Rahmah. Kini tempat itu ramai dikunjungi jamaah haji,” kata Nur Hasan selaku CJH dari KBIH Nurul Hikmah kemarin.

Jabal Rahmah terletak di tepi Padang Arafah atau pinggiran timur Kota Makkah. Di puncak Jabal Rahmah dibangun monumen dari beton dengan tinggi 8 meter dan lebar 1,8 meter. ”Di Jabal Rahmah juga dibangun seratus lebih anak tangga untuk memudahkan mendaki ke puncak. Sesuai namanya, jabal berarti bukit. Sementara rahmah adalah kasih sayang,” terangnya.

            Setiap hari jamaah dari berbagai belahan dunia datang ke tempat tersebut. Meski, ulama Saudi Arabia menegaskan ziarah ke Jabal Rahmah tidak wajib. Di bukit tersebut jamaah menyempatkan untuk berdoa. Tidak sedikit yang menulis namanya dengan pasangan pada batu-batu yang ada di bukit tersebut. ”Dengan harapan kelancaran jodoh serta diawetkan hubungan laksana Adam dan Hawa,” tukasnya. 

(mr/sin/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia