Sabtu, 24 Aug 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Hari Ini Tetapkan Caleg Terpilih

Calon Kalah Harus Legawa

22 Juli 2019, 13: 04: 39 WIB | editor : Abdul Basri

Hari Ini Tetapkan Caleg Terpilih

Share this      

SUMENEP – Teka-teki calon anggota legislatif (caleg) yang akan menduduki kursi parlemen kabupaten segera menemui titik terang. Pasalnya, KPU Sumenep akan menetapkan caleg terpilih masa bakti 2019–2024 hari ini.

Sekretaris KPU Sumenep Anwar Syahroni Yusuf mengatakan, pengumuman 50 caleg hasil pemilihan umum (pemilu) 17 April lalu segera ditetapkan. Penetapan akan dilakukan besok di Hotel C1 di Jalan Sultan Abdurrahman, Desa Kolor, Kecamatan Kota. ”Kami sudah undang semua partai politik peserta pemilu,” ucapnya.

Anwar menyampaikan, penetapan itu bakal dilakukan setelah ada petunjuk teknis dari KPU RI yang disampaikan melalui KPU Jawa Timur (Jatim). Dia menyebut, penetapan itu tidak serentak. ”Kami diberi tenggang waktu (17–22/7) dan kami baru bisa melakukannya Senin,” ujarnya.

Mantan camat Batang-Batang itu mengatakan, lembaganya juga akan berkoordinasi dengan polisi agar penetapan caleg terpilih berjalan lancar. Pihaknya berharap tidak ada oknum yang menghambat ujung pesta demokrasi 2019 itu. ”Yang pasti nanti dijaga kepolisian dan kami sudah berkoordinasi,” kata Anwar.

Di tempat terpisah, Komisioner KPU Jatim Miftahur Rozak membenarkan pihaknya sudah menyerahkan petunjuk teknis (juknis) penetapan caleg terpilih kepada KPU Sumenep. Menurut dia, penetapan terhadap caleg terpilih di daerah yang tidak ada sengketa hasil pemilu harus dilakukan antara 17–22 Juli.

”Serentak se-Indonesia, bagi yang tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi,” ucap pria asal Sampang itu.

Mantan aktivis PMII itu meminta semua caleg menerima penetapan yang akan dilakukan KPU Sumenep. Dia berharap, caleg yang terpilih bisa bekerja secara baik untuk masyarakat. Yang tidak terpilih bisa bersikap legawa.

”Tidak semua caleg akan terpilih karena kuota parlemen di kabupaten terbatas. Maka, harus bersikap dewasa. Pemilu kemarin bagian dari pendewasaan berdemokrasi,” tandas mantan komisioner KPU Sampang itu. (jup)

(mr/luq/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia