Sabtu, 23 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Puluhan Alsintan Belum Diserahkan

10 Juli 2019, 14: 51: 42 WIB | editor : Abdul Basri

MASIH BAGUS: Warga melihat alsintan di halaman kantor balai penyuluhan pertanian di Desa Giring, Kecamatan Manding, Sumenep, kemarin.

MASIH BAGUS: Warga melihat alsintan di halaman kantor balai penyuluhan pertanian di Desa Giring, Kecamatan Manding, Sumenep, kemarin. (JUPRI/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) memberikan puluhan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk tiga kabupaten di Madura. Yakni, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Sumenep menjadi penerima alsintan terbanyak dibandingkan dua kabupaten lain (lihat grafis).

Untuk tanaman pangan, Sumenep mendapat bantuan 16 hand tractor roda dua dan empat pompa air. Sedangkan untuk holtikultura mendapat bantuan enam cultivator. Namun, 26 alsintan itu belum sampai kepada penerima hingga kemarin (9/7).

Pamekasan mendapat tujuh hand tractor roda dua dan lima pompa air. Sedangkan Sampang hanya mendapat bantuan lima hand tractor. Total bantuan tiga kabupaten 43 unit alsintan.

Kabid Sarpras dan Penyuluhan Dispertahorbun Sumenep Arif Firmanto mengatakan, alsintan itu diberikan kepada kelompok tani (poktan). Semua penerima sudah ditentukan oleh Pemprov Jatim berdasar usulan proposal yang diajukan melalui Dispertahorbun Sumenep. ”Yang menentukan provinsi, bukan di sini (dispertahorbun) termasuk yang memeriksa proposalnya,” terang Arif kemarin.

Dari 26 bantuan alsintan yang diberikan kepada poktan di Sumenep, 4 di antaranya belum datang. Yakni, jenis pompa air. Karena itu, yang mendasari lembaganya belum menyerahkan bantuan alsintan tersebut kepada poktan penerima traktor 2 roda dan cultivator. ”Kita tunggu semuanya datang, kemudian semuanya akan diserahkan,” tuturnya.

Arif tidak tahu-menahu mengapa alsintan jenis pompa air belum didistribusikan oleh Pemprov Jatim kepada lembaganya. Namun, dia meyakini, pengadaan di Pemprov Jatim belum tuntas. ”Mungkin karena masih dalam proses pengadaan, kan menggunkan e-katalog,” jelasnya.

Arif menargetkan, bantuan alsintan itu segera diserahkan kepada penerima. Walaupun pompa air belum turun dari Pemprov Jatim. ”Paling tidak bulan ini kami serahkan, walaupun yang pompa air belum kelar,” katanya.

Ketua Komisi II DPRD Sumenep Nurus Salam mendesak dispertahorbun menyerahakan alsintan itu kepada petani. Terlebih, kata dia, saat ini belum musim tanam tembakau. ”Jangan sampai waktu musim tanam bantuan baru diberikan,” pintanya. (jup)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia