Jumat, 13 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Tujuh Calon Jamaah Haji Gagal Berangkat

07 Juli 2019, 14: 57: 57 WIB | editor : Abdul Basri

JAGA KESEHATAN: Calon jamaah haji asal Bangkalan saat mengikuti kegiatan manasik haji di Gedung Serbaguna Ratoh Ebuh Rabu (3/7).

JAGA KESEHATAN: Calon jamaah haji asal Bangkalan saat mengikuti kegiatan manasik haji di Gedung Serbaguna Ratoh Ebuh Rabu (3/7). (A. YUSRON FARISANDY/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Calon jamaah haji (JCH) asal Sumenep akan diberangkatkan hari ini (7/7). Namun, dari 752 CJH, lima orang gagal berangkat ke Tanah Suci.

Kasi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Sumenep Moh. Rifa’i Hasyim menyampaikan, 752 CJH tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 dan 7. Faktor batalnya pemberangkatan lima CJH tersebut dikarenakan satu orang meninggal dan empat orang lainnya sakit. ”Lima orang positif mengundurkan diri. Jadi dipastikan tidak ikut tahun ini,” ungkapnya kemarin (6/7).

Para CJH yang gagal berangkat tersebar di dua kloter. Kloter 6 sebanyak 3 orang dan 2 orang di kloter 7. Nama-nama CJH yang sakit yakni Osman, Hani’iyah, Rohmatun, dan Moh. Halil. Sedangkan CJH yang meninggal dunia atas nama Atnami.

Dengan demikian, CJH yang berangkat pada kloter 6 sebanyak 442 orang. Sedangkan di kloter 7 sebanyak 305 orang. Dengan begitu, total CJH yang akan diberangkatkan ke Asrama Haji Surabaya hari ini 747 orang.

Dua JCH asal Sampang juga dipastikan gagal berangkat tahun ini. Dai Be’in Bukat, CJH asal Kecamatan Omben gagal berangkat karena wafat. Sementara Siseh asal Kedungdung gagal berangkat karena sakit.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sampang Fathorrahman mengatakan, terdapat jamaah yang berisiko tinggi. Rata-rata menderita strok. Diperkirakan jumlah tidak lebih dari 20 jamaah.

Karena itu, pihaknya mengimbau mereka menjaga kesehatan. Seperti mengatur pola makan, istirahat secukupnya, dan melaporkan obat-obatan yang dibutuhkan. ”Koordinasi dengan petugas kesehatan terus kami lakukan,” tukasnya.

Sementara itu, 641 CJH asal Bangkalan tergabung dalam kloter 8 dan 9. Kloter 8 jumlahnya 445 dan kloter 9 ada 172 orang. Sedangkan 24 orang lainnya dimutasi ke Surabaya atas keinginan sendiri.

Pemberangkatan ke asrama haji mulai hari ini (7/7) dan besok (8/7). ”Kami minta jamaah untuk banyak minum air supaya tidak dehidrasi. Sekarang cuaca 48 Celcius. Jaga kesehatan,” imbau Kasi Haji dan Umrah Kemenag Bangkalan Wafir.

CJH asal Pamekasan tahun ini 1.017 orang yang terbagi empat kloter. Kloter sembilan 66 CJH, kloter sepuluh 439 CJH, kloter sebelas 439 CJH, dan kloter 35 sebanyak 73 CJH. Kloter 9, 10, dan 11 berangkat Senin (8/7). ”Kloter 85 permohonan dari KBIH berangkat tanggal 5 Agustus,” terang Kepala Kankemenag Pamekasan Afandi. (bil)

(mr/bad/rul/sin/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia