Jumat, 19 Jul 2019
radarmadura
icon featured
Madura Events

Tari Kolosal Bakal Meriahkan HUT Ke-20 JPRM

06 Juli 2019, 02: 50: 56 WIB | editor : Abdul Basri

GEMULAI: Sejumlah penari yang akan tampil di HUT Ke-20 JPRM berlatih di Lapangan Kesenian, Kecamatan Kota, kemarin.

GEMULAI: Sejumlah penari yang akan tampil di HUT Ke-20 JPRM berlatih di Lapangan Kesenian, Kecamatan Kota, kemarin. (ZAINAL ABIDIN/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 Jawa Pos Radar Madura (JPRM) semakin dekat. Untuk memeriahkan hari istimewa tersebut, JPRM Biro Sumenep akan menyuguhkan pergelaran tari kolosal yang diiringi musik tradisional dengan konsep modern.

Para penari yang akan tampil di acara tersebut mulai latihan di Lapangan Kesenian Sumenep kemarin (5/7). Mereka merupakan penari profesional dari komunitas Dewan Cangkruk Perkusi Plat M Sumenep. mereka dilatih Ayos Arif, seorang komposer sekaligus koreografer di Kota Keris.

Ayos menyampaikan, pihaknya memilih 20 penari profesional dari semua komunitas atau sanggar tari di Sumenep. Jadwal pelatihan disesuaikan dengan kesiapan penari. Lokasi latihan berpindah-pindah. ”Ini merupakan latihan kali pertama. Konsep tari yang akan ditampilkan tinggal dipadukan dan dieksekusi menjadi sebuah karya seni,” katanya.

Panitia berupaya menampilkan seni tari tradisional dengan konsep modern. Ada beberapa seni budaya daerah yang disentuh dan disenergikan dalam tarian tersebut. Antara lain, seni grafiti, tari, perkusi kontemporer, saronen, dan musik patrol.

JPRM berupaya menggali dan mengeksplorasi semua seni budaya. Kemudian dikolaborasikan dan dipadukan dalam sebuah pertunjukan yang hanya berdurasi sekitar 7–10 menit. Namun eksplorasi seni yang ditunjukkan jelas.

Masyarakat yang nantinya menyaksikan penampilan tari ini akan mengetahui bahwa Sumenep banyak memiliki seni budaya yang selama ini belum dieksplorasi. ”Konsep yang disiapkan panitia sangat bagus. Ini akan menjadi penampilan kesenian spektakuler dan juga akan menjadi sebuah kebanggaan untuk masyarakat Sumenep,” tandas Ayos.

(mr/nal/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia