Jumat, 19 Jul 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Bawaslu Siapkan 262 Kode Bukti

05 Juli 2019, 14: 41: 47 WIB | editor : Abdul Basri

JELANG PHPU: Sejumlah pegawai Bawaslu Bangkalan bekerja ekstra menyiapkan data dan bukti kemarin.

JELANG PHPU: Sejumlah pegawai Bawaslu Bangkalan bekerja ekstra menyiapkan data dan bukti kemarin. (DAFIR/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Bukan hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan yang melakukan persiapan menjelang sidang perselisihan hasil pemilu umum (PHPU) Pileg 2019. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga ikut menyiapkan data-data yang dibutuhkan ketika sidang berlangsung.

Ketua Bawaslu Bangkalan A. Mustain Saleh mengutarakan, menghadapi 11 gugatan yang lokusnya di Kabupaten Bangkalan, pihaknya menyiapkan 262 kode bukti sebagai acuan menyusun jawaban. Saat ini seluruh pegawai bekerja ekstra.

”Kami siapkan C1, form A pengawasan, DA1, dan lainnya. Itu yang kami siapkan jelang PHPU,” kata dia kemarin (4/7).

Menurut Mustain, pengawas tenpat pemungutan suara (TPS) sangat mengetahui dan merekam seluruh peristiwa selama pemungutan berlangsung. Dengan demikian, hal itu menjadi dasar melengkapi bukti-bukti yang konkret. Termasuk, siapa saja yang ada di TPS juga ditulis dalam bentuk keterangan.

”Data-data ini kami kumpulkan di provinsi. Tinggal ikut sidang Senin paling ke Jakarta,” ujarnya.

Dalam hal ini, kata Mustain, Bawaslu sebagai pemberi keterangan tertulis. Hasil pengawasan dan pencegahan disampaikan kepada majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, belajar dari pengalaman PHPU pilpres, pertimbangan majelis hakim MK banyak mempertanyakan ke Bawaslu.

”Makanya, kita dituntut menyiapkan keterangan tertulis. Kita benar-benar dituntut menyiapkan data dan bukti,” terangnya.

Ketua KPU Bangkalan Zainal Arifin mengatakan, data dan bukti telah disiapkan untuk menjawab gugatan yang diajukan pemohon. Sebagian sudah ditata dan disusun. ”Malam ini (tadi malam, Red) selesai. Kami siapkan semua,” tegasnya.

(mr/daf/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia