Kamis, 12 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Sampang

Seragam Gratis Hanya Sekolah Negeri  

03 Juli 2019, 14: 40: 51 WIB | editor : Abdul Basri

GENERASI BANGSA: Siswa SMKN 2 Sampang keluar dari pintu gerbang usai mengikuti KBM.

GENERASI BANGSA: Siswa SMKN 2 Sampang keluar dari pintu gerbang usai mengikuti KBM. (ANIS BILLAH/RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG – Orang tua atau wali siswa SMA/SMK negeri tidak perlu memikirkan seragam sekolah. Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan bantuan seragam gratis.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sampang Asyari mengatakan, pada tahun ajaran baru, Pemprov Jatim mengeluarkan beberapa kebijakan baru berkaitan dengan pendidikan. Di antaranya, pemberian seragam gratis kepada siswa baru SMA/SMK negeri. ”Kemungkinan Juli sudah direalisasikan,” katanya kemarin (2/7).

Dua jenis seragam gratis yang akan disalurkan kepada tiap siswa baru. Yakni, seragam putih abu-abu dan pramuka. Kendati demikian, seragam tersebut diberikan dalam bentuk kain. ”Jadi, siswa tinggal menjahitnya,” ungkapnya.

Kemungkinan program tersebut berlangsung hingga tahun berikutnya. Namun, program bantuan seragam gratis hanya bisa dirasakan siswa baru yang melanjutkan ke SMA/SMK negeri.

Bantuan tersebut lebih diprioritaskan kepada siswa yang tidak mampu. Namun, siswa miskin yang melanjutkan ke SMA/SMK swasta tidak mendapatkan jatah. Padahal, kemungkinan siswa miskin di SMA/SMK swasta, lebih menumpuk dibandingkan di negeri.

”Pemprov masih menata. Sebab itu berkaitan dengan anggaran. Mungkin tahun ini anggaran hanya cukup untuk sekolah negeri. Kami berharap tahun depan lebih banyak yang ter-back up sehingga tidak hanya negeri, tapi siswa swasta juga dapat,” harapnya.

Meski begitu, pihaknya mengimbau siswa yang mampu agar memanfaatkan bantuan tersebut untuk berbagi. Jatah bantuan yang diberikan pemprov dialihkan kepada siswa yang lebih membutuhkan. Dengan begitu, akan lebih bermanfaat. ”Dari sisi sosial kalau ini bisa diterapkan kami sangat mendukung,” tukasnya. (bil)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia