Kamis, 12 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Features
IAIN Madura Mewisuda 614 Mahasiswa

Punya Tanggung Jawab Sebarkan Dakwah Rahmatan Lil Alamin

01 Juli 2019, 16: 29: 21 WIB | editor : Abdul Basri

KHIDMAT: Rektor IAIN Madura Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag. memimpin prosesi wisuda di auditorium kampus, Sabtu (29/6).

KHIDMAT: Rektor IAIN Madura Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag. memimpin prosesi wisuda di auditorium kampus, Sabtu (29/6). (MOH. ALI MUHSIN/RadarMadura.id)

Share this      

Ratusan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura diwisuda Sabtu (29/6). Setelah lulus, mereka memiliki tugas yang mulia, yakni menyebarkan Islam yang rahmatan lil alamin sebagaimana misi kampus.

MOH. ALI MUHSIN, Pamekasan

SALAWAT Badar menggema di Auditorium IAIN Madura saat ratusan mahasiswa mengikuti prosesi wisuda Sabtu (29/6). Satu per satu dari mereka menaiki panggung untuk mengikuti proses pemindahan tali toga oleh Rektor Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.

BAHAGIA: Wisudawan IAIN Madura berfoto bersama di auditorium.

BAHAGIA: Wisudawan IAIN Madura berfoto bersama di auditorium. (MOH. ALI MUHSIN/RadarMadura.id)

Senang dan haru tampak dari wajah mereka. Apalagi, momen yang cukup sakral itu disaksikan oleh orang tua mereka. Wisudawan dan wisudawati terdiri dari S-1 dan S-2 dari 13 program studi (prodi). ”Ada 614 peserta wisudawan dan wisudawati tahun ini. Sebanyak 276 laki-laki dan 338 perempuan,” kata Kosim.

Dijelaskan, kali ini terdapat mahasiswa dari empat prodi baru yang diwisuda. Yakni, Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Prodi Pendidikan Studi Alquran dan Tafsir, dan Prodi Akuntansi Syariah. ”Sementara untuk S-2 masih satu prodi, yaitu PAI,” terangnya.

Dalam momentum tersebut, Kosim berharap mereka terus berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Yaitu, ikut andil dalam dakwah kepada masyarakat. Yakni, menyampaikan Islam yang rahmatan lil alamin. ”Semoga lulusan kami tetap menjadi alumni yang berakhlakul karimah, taat beragama dan mampu mengembangkan dakwah Islam. Islam yang ramah dan damai,” harapnya.

Dengan bekal yang telah mereka pelajari selama di IAIN Madura, Kosim optimistis mereka bisa berkompetisi dan bersaing dengan lulusan perguruan tinggi yang lain. Termasuk dalam hal dakwah. ”Kampus IAIN memiliki dua misi. Yakni, sebagai lembaga dakwah dan pendidikan akademik,” tegasnya.

Pihaknya mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati karena telah mampu melewati masa sulit. Khususnya kepada sejumlah wisudawan-wisudawati terbaik. Dia berharap ilmu yang diperoleh selama kuliah bermanfaat dan barokah. Bermanfaat untuk diri, keluarga, masyarakat, dan Negara. ”Selamat dan sukses,” ucapnya.

Dengan pelaksanaan wisuda ini, tidak berarti proses belajar telah selesai. Belajar tidak mengenal ruang dan waktu. Karenanya, dia menyarankan agar wisudawan melanjutkan ke jenjang S-2 dan S-3. ”Teruslah belajar, dan jadikan setiap tempat sebagai sekolah. Jadikan setiap orang sebagai guru,” terangnya.

(mr/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia