Selasa, 10 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Mayoritas SMA/SMK Negeri Kekurangan Siswa

Daftar Ulang PPDB Berakhir Hari Ini

25 Juni 2019, 17: 08: 11 WIB | editor : Abdul Basri

SERIUS: Calon peserta didik baru mendaftar ulang di SMKN 1 Sumenep kemarin.

SERIUS: Calon peserta didik baru mendaftar ulang di SMKN 1 Sumenep kemarin. (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Setelah melalui proses panjang, pelaksanaan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 jenjang SMA/SMK negeri selesai. Calon peserta didik yang diterima melalui jalur zonasi sudah diumumkan.

Saat ini tinggal tahap daftar ulang bagi calon peserta didik baru yang dinyatakan lolos seleksi online. Daftar ulang dimulai kemarin (24/6) dan berakhir hari ini (25/6).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur (Jatim) Wilayah Sumenep Sugiono Eksantoso mengutarakan, pada masa daftar ulang hari pertama, masih banyak calon peserta didik baru yang tidak mendaftar ulang ke sekolah tujuan. ”Sampai hari ini (kemarin, Red) hanya beberapa sekolah yang rampung melakukan daftar ulang,” ujarnya kemarin.

Bagi calon peserta didik yang sudah diterima, tapi tidak melakukan daftar ulang, yang bersangkutan langsung dinyatakan gugur. Selanjutnya, pendaftar dari peringkat tertinggi di bawah pagu penerimaan sekolah otomatis akan dinyatakan diterima. Untuk mengisi kursi siswa baru yang sebelumnya diterima, namun tidak mendaftar ulang.

Misalnya, total pagu sekolah 200 kursi. Sedangkan pendaftar 205 orang. Artinya, lima orang peringkat terbawah tidak lolos. Tetapi, jika terdapat satu calon peserta didik baru yang diterima, namun tidak daftar ulang, pendaftar di peringkat 201 berdasarkan pemeringkatan nilai otomatis menggantikan posisi peserta didik yang gugur.

”Itu berlaku pada sekolah dengan jumlah pendaftar yang melebihi pagu. Kalau di sekolah yang pendaftarnya tidak memenuhi pagu, sudah pasti diterima semua,” jelas Sugiono.

Dia menerangkan, hingga saat ini tercatat hanya dua SMA negeri di Sumenep yang memenuhi pagu. Yakni, SMAN 1 Sumenep dan SMAN 1 Kalianget. Sementara sekolah lainnya masih kekurangan siswa baru.

Untuk jenjang SMK, juga banyak lembaga yang masih kekurangan peserta didik baru pada beberapa bidang kejuruan. ”Ada pendaftar yang membeludak di satu kejuruan. Tapi, di kejuruan lain banyak kosong,” ungkapnya.

Mantan kepala Cabang Disdik Jatim Wilayah Lumajang itu memaparkan, sekolah yang belum mencapai pagu penerimaan bisa langsung melakukan laporan dan pengajuan penambahan siswa baru ke cabang dinas. Laporan dan pengajuan bisa dilakukan usai pelaksanaan daftar ulang PPDB selesai digelar.

Setelah diajukan, pihaknya akan lanjut menyampaikan laporan tersebut kepada Disdik Jatim. Jika diperkenankan untuk membuka pendaftaran baru, sekolah boleh kembali melakukan penerimaan peserta didik.

”Tapi, tetap berdasarkan pe-ranking-an dan zonasi. Dilaksanakan tiap sekolah. Seleksinya harus transparan. Rabu (26/6) saya akan menghadap ke provinsi,” paparnya.

Perlu diketahui, PPDB online jalur zonasi 2019 di Sumenep dilaksanakan 12 SMA dan 3 SMK negeri. Total pagu jenjang SMA mencapai 2.656 kursi. Namun, hanya ada 1.851 calon siswa yang mendaftar di sekolah pelat merah tersebut.

Sama halnya dengan SMK, lembaga pendidikan vokasi ini di Sumenep memiliki total pagu 1.125 kursi. Namun, hanya 882 calon siswa baru yang mendaftar. Artinya, masih ada banyak kursi kosong di sejumlah sekolah negeri di Kota Keris.

(mr/bad/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia