Jumat, 19 Jul 2019
radarmadura
icon featured
Features
Lebih Dekat dengan Calon Sekkab Pamekasan (6)

Masrukin Siap Bantu Realisasi Program Prioritas Bupati-Wabup

25 Juni 2019, 17: 05: 33 WIB | editor : Abdul Basri

BERPENGALAMAN: Sekretaris DPRD Pamekasan Masrukin.

BERPENGALAMAN: Sekretaris DPRD Pamekasan Masrukin. (PRENGKI WIRANANDA/RadarMadura.id)

Share this      

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Raja’e memiliki program prioritas. Program itulah yang menjadi motivasi Masrukin masuk bursa calon Sekkab.

PRENGKI WIRANANDA, Pamekasan

PENGALAMAN kerja Masrukin menjalani roda pemerintahan tidak perlu diragukan. Pria yang menjabat sekretaris DPRD Pamekasan itu malang melintang di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD).

Pria kelahiran 4 November 1969 itu memulai karirnya dari bawah. Pada 1996, Masrukin menjadi Pj Lurah Barurambat Timur, Kecamatan Pademawu. Kemudian, pada 2001 dia dipercaya menjadi lurah Bugih, Kecamatan Kota.

Berkat kerja keras dan semangatnya yang tinggi, karir alumnus Jurusan Pemerintahan STPDN Bandung itu melejit. Pada 2004, pria dengan dua anak itu diangkat menjadi camat Tlanakan.

Dua tahun kemudian, dia dipindah tugas menjadi camat Pademawu. Dua tahun berikutnya dipercaya mengemban amanah sebagai camat Kota Pamekasan. Tugas sebagai camat dimanfaatkan dengan baik oleh Masrukin.

Silaturahmi dan komunikasi dengan masyarakat sangat erat. Koordinasi dengan kepala desa tentang pembangunan di desa juga berjalan sangat baik. Tak ayal, sosok Masrukin dikenal masyarakat.

Pada 2010, Masrukin diangkat menjadi Kabag Administrasi Pemerintahan Umum (Adpum) Setkab Pamekasan. Perjalanan karirnya semakin cemerlang. Dua tahun kemudian, tepatnya 31 Juli 2012, suami Yenni Koeswardani itu diangkat menjadi kepala satpol PP.

Menjadi ujung tombak penegakan peraturan daerah (perda) dan peraturan bupati (perbup) dijalankan dengan optimal. Pendekatan persuasif sebelum penindakan selalu dikedepankan.

Setahun kemudian, Masrukin dipercaya memegang kendali badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa (bapemas dan pemdes). Kemudian, sejak 2015 sampai sekarang, dia bertahan sebagai sekretaris DPRD Pamekasan.

Perjalanan karir penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya XX dari presiden pada 2011 itu seputar pemerintahan. Dia memiliki bekal kuat untuk menjadi koordinator OPD.

Kepada Jawa Pos Radar Madura (JPRM), Masrukin menyampaikan motivasinya masuk bursa calon Sekkab. Dia mengaku ingin membantu bupati dan Wabup menyukseskan realisasi program prioritas yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka menegah daerah (RPJMD).

Prorgam bupati dan Wabup di dalam dokumen rencana pembangunan itu sangat baik. Langkah selajutnya, tinggal mengoordinasikan seluruh OPD untuk menyukseskan program tersebut. ”Tugas Sekkab adalah mengoordinasikan seluruh OPD,” katanya kemarin (24/6).

Selain mengoordinasi seluruh OPD, tugas Sekkab juga membantu bupati dalam mengambil kebijakan. Pengalaman kerja yang dimiliki diyakini mampu mendorong tercapainya keinginan luhur untuk membantu bupati itu.

Masrukin menyampaikan, seperti yang diinginkan Bupati Baddrut Tamam, seluruh OPD merupakan keluarga besar yang memiliki cita-cita bersama. Dengan demikian, kerjanya juga harus mengarah pada capaian cita-cita itu.

Peran Sekkab harus memastikan bahwa seluruh instansi pemerintah tidak bekerja sendiri-sendiri. Koordinasi dan komunikasi lintas sektor harus berjalan dengan baik yang dimotori Sekkab.

Visi misi bupati dan Wabup sangat ideal untuk membawa Pamekasan lebih baik dan lebih hebat. Tantangan bagi Sekkab harus mampu menerjemahkan visi misi itu dengan program kerja yang baik. ”Sekkab harus memiliki kedisiplinan, keuletan, dan mampu membangun kerja sama yang baik,” terangnya.

Bagi Masrukin, terpilih atau tidak terpilih sebagai Sekkab bukan persoalan. Yang terpenting, Pamekasan lebih baik dan lebih hebat. ”Mudah-mudahan ikhtiar ini berdampak bagi saya. Terpilih atau tidak terpilih bukan persoalan. Yang terpenting menjadi semangat untuk selalu membantu bupati membawa Pamekasan lebih hebat,” tandasnya.

(mr/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia