Jumat, 15 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Bakal Evaluasi Tata Kota

25 Juni 2019, 17: 03: 51 WIB | editor : Abdul Basri

Bakal Evaluasi Tata Kota

Share this      

PAMEKASAN – Tata Kota Pamekasan dinilai semrawut. Jantung kabupaten tidak lagi steril. Banyak bangunan perniagaan, perkantoran, dan tempat peribadatan berdekatan. Bahkan, bermunculan pertokoan.

Anggota Komisi II DPRD Pamekasan Harun Suyitno mengatakan, tata Kota Pamekasan tidak ideal. Perniagaan, tempat peribadatan, perkantoran, dan hiburan bercampur di jantung kota.

Pertumbuhan pertokoan tidak terbendung. Pemerintah terus memberikan perizinan terhadap usaha tersebut meskipun lokasinya mengganggu tata kota. ”Toko-toko bermunculan,” ujarnya kemarin (24/6).

Pamekasan memiliki peraturan daerah (perda) tentang tata ruang. Sudah diatur dengan jelas kawasan-kawasan untuk pertokoan dan perkantoran. Tetapi, perda tersebut tidak terealisasi dengan baik.

Aturan mengenai bangunan juga sangat jelas. Jarak antara jalan dengan bangunan diatur sangat detail. Tetapi fakta di lapangan, banyak bangunan yang justru mepet dengan bahu jalan.

Ironisnya, pemerintah tidak bertindak. Pembangunan itu seolah dibiarkan meskipun menyalahi aturan. Akibatnya, bangunan serupa bermunculan tanpa bisa dibendung oleh pemerintah.

Eksekutif bekerja seolah keluar dari rel yang ditentukan bersama. Seharusnya, setiap kebijakan yang diambil mengacu pada regulasi. ”Tata kota kita sangat tidak ideal,” tegasnya.

Harun berharap, bupati segera mengambil langkah sebelum kawasan perkotaan semakin semrawut. Sebab jika kondisinya parah, akan sulit ditertibkan. Pemerintah akan kewalahan.

Bupati Baddrut Tamam mengatakan, tata kota bakal dievaluasi. Sekarang pemerintah menganalisis kemungkinan melakukan pendekatan kepada masyarakat terkait tata kota itu.

Pendekatan yang dilakukan berupa pendekatan kemanusiaan dan kemakmuran. Pemerintah akan mengedepankan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan. ”Nanti kita analisis,” janjinya.

(mr/pen/onk/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia