Sabtu, 14 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Ilma Belum Ditemukan, Pencarian Dihentikan Besok

22 Juni 2019, 15: 17: 32 WIB | editor : Abdul Basri

TERUS DICARI: Tim gabungan BPBD Sumenep dan Tim SAR Jatim melakukan penyisiran di perairan Desa Romben Barat, Kecamatan Dungkek, Sumenep, kemarin.

TERUS DICARI: Tim gabungan BPBD Sumenep dan Tim SAR Jatim melakukan penyisiran di perairan Desa Romben Barat, Kecamatan Dungkek, Sumenep, kemarin. (BPBD SUMENEP FOR RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Pencarian korban kecelakaan Kapal Motor (KM) Amin Jaya terus dilakukan. Sejak tenggelam pada Senin (17/6), masih ada satu korban lagi yang belum ditemukan. Yakni Ziharatul Ilma, 6. Hingga kemarin (21/6), Tim SAR BPBD dan Basarnas Provinsi Jawa Timur (Jatim) terus melakukan pencarian.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep Abd. Rahman Riadi menyampaikan, hasil pencarian kemarin nihil. Tidak ada petunjuk maupun temuan atas jasad korban terakhir tersebut. ”Titik fokus pencarian masih sama. Hanya diperluas ke arah barat,” ujarnya.

Dia mengaku tidak bisa memastikan posisi korban saat ini. Petugas masih terus melakukan pencarian di titik-titik berdasarkan kemungkinan arus membawa jasad Ilma. Tidak menutup kemungkinan jasad korban belum mengambang. Bisa jadi karena tersangkut di karang.

”Kami masih terus berupaya. Secara teori, jasad dalam air kalau hitungan 2 sampai 3 hari biasanya sudah mengapung. Tapi bisa jadi tersangkut karang, jadi tertahan di dasar laut,” jelas Rahman.

Jasad korban diperkirakan juga berada di luar zona pencarian petugas. Sebab, setiap saat tubuh korban bisa berpindah lokasi karena mengikuti arus laut. Namun, pihaknya mengaku akan terus berupaya menyisir titik-titik yang dimungkinkan jasad korban laka laut KM Amin Jaya berada.

”Bagi nelayan yang menemukan, bisa segera berkoordinasi dengan kami. Agar kami bisa langsung melakukan evakuasi dan mengidentifikasi jenazah,” imbaunya.

Pencarian korban akan diakhiri Minggu (23/6). Sebab sudah sepekan pencarian dilakukan. Sampai saat ini, total korban tenggelamnya KM Amin Jaya mencapai 60 orang. Rinciannya, 38 (bukan 39, sebelumnya ada dua satu nama yang tertulis dua kali) orang ditemukan selamat, 21 orang meninggal dunia, dan satu belum ditemukan. ”Kami berusaha semampunya,” tandasnya.

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia