Jumat, 15 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Hukum & Kriminal

Sisa 6 Kepala KUA Belum Diperiksa

Kasus Pungli Duplikat Buku Nikah

17 Juni 2019, 15: 00: 22 WIB | editor : Abdul Basri

Sisa 6 Kepala KUA Belum Diperiksa

Share this      

SAMPANG – Dugaan pungutan liar (pungli) duplikat buku nikah di kantor urusan agama (KUA) menjadi perhatian kejaksaan. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang terus melaksanakan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket). Fokus pemanggilan kejari, kepala KUA beserta stafnya. Saat ini tersisa 6 kepala KUA yang belum dipanggil dan diperiksa.

Kasipidsus Kejari Sampang Edi Sutomo mengatakan, tindakan pertama adalah pulbaket. Seluruh yang diduga terlibat dalam kasus tersebut dipanggil dan dimintai keterangan. Menurut dia, kasus tersebut sampai saat ini belum naik ke penyelidikan, melainkan masih prapenyelidikan.

”Kami menindaklanjuti adanya pengaduan masyarakat bahwa ada pungli untuk pengurusan duplikat buku nikah,” terangnya. Berdasarkan informasi awal yang diterima, pungli oknum KUA kepada warga yang ingin mengurus duplikat buku nikah sebesar Rp 250 ribu. ”Kami masih dalami kasusnya. Nanti kami juga akan periksa secara detail para korbannya,” terangnya.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sampang HM. Juhedi mengatakan, proses pengumpulan keterangan masih berlangsung oleh kejaksaan. Pihaknya belum bisa menyampaikan secara detail. Jika memang ada bukti yang nyata dalam kasus tersebut silakan diproses secara profesional. Pihaknya juga tidak segan untuk memberi sanksi kepada oknum.

”Pemanggilan untuk memberikan keterangan masih berlangsung. Jadi kami belum bisa berkomentar banyak,” dalihnya.

(mr/rus/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia