Senin, 14 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

KPU Siapkan Materi PHPU

PPP Optimistis Gugatannya Diterima

16 Juni 2019, 20: 25: 58 WIB | editor : Abdul Basri

KPU Siapkan Materi PHPU

Share this      

PAMEKASAN – Meski baru dilantik, lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan langsung tancap gas. Mereka mulai menyiapkan materi gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang diajukan sejumlah partai.

Ketua KPU Pamekasan Muhammad Halili menyatakan, ada tiga gugatan PHPU yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Yakni, dari Partai Golkar terkait hasil pemilihan di dapil 1 yang meliputi Kecamatan Kota Pamekasan dan Tlanakan.

Kemudian, gugatan dari PPP terkait hasil pemilihan di dapil 4 yang meliputi Kecamatan Kadur, Pegantenan, dan Pakong. Lalu, gugatan terakhir yang dilayangkan Partai Gerindra terkait perselisihan untuk caleg DPR RI.

Informasi yang diterima, gugatan yang dilayangkan Golkar dicabut. Kemudian, gugatan PPP belum memenuhi syarat administrasi. Sementara Gerindra memenuhi syarat dan kemungkinan berlanjut.

Halili menyampaikan, materi yang akan disampaikan pada persidangan mulai disiapkan. Beberapa berkas yang dibutuhkan dikumpulkan. ”Kami persiapkan materi sidang jika memang berlanjut,” katanya kemarin (15/6).

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pamekasan Moh. Amiruddin menambahkan, gugatan PHPU belum tentu dilanjutkan. Jika dinilai tidak memenuhi syarat materiel, MK akan menolak.

Sesuai PKPU Nomor 10 Tahun 2019, penetapan caleg terpilih DPRD bagi daerah yang tidak ada PHPU dilakukan paling lambat tiga hari setelah MK menerbitkan buku registrasi perkara konstitusi (BRPK).

Sementara itu, daerah yang terdapat PHPU harus menetapkan caleg terpilih tiga hari pasca putusan. Dengan demikian, KPU Pamekasan menunggu hasil dari MK untuk menetapkan caleg terpilih. ”Informasinya, BRPK itu diterbitkan 1 Juli mendatang,” katanya.

Amir menyampaikan, komisioner KPU baru dilantik. Untuk sementara, sembari menyiapkan materi sidang PHPU, mereka rajin berkoordinasi dengan berbagai pihak. Termasuk sekretariat KPU.

Di tempat terpisah, Haidar Ansori selaku tim yang mengawal gugatan caleg PPP ke MK optimistis laporannya diterima. Sebab, ada dugaan pelanggaran fatal yang terjadi di dapil 4 Pamekasan itu.

Yakni, ada sejumlah pemilih meninggal dan berada di luar Pamekasan, daftar hadirnya tercontreng. Padahal, bisa dipastikan orangnya tidak ada. ”Kami yakin gugatan kami diterima,” tandasnya. 

(mr/pen/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia