Sabtu, 23 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Besok Gelar Sidang Pendahuluan DPRD Provinsi

10 Juni 2019, 13: 15: 24 WIB | editor : Abdul Basri

Ketua Bawaslu Bangkalan A. Mustain Saleh.

Ketua Bawaslu Bangkalan A. Mustain Saleh. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id)

Share this      

KABUPATEN Bangkalan merupakan daerah paling banyak melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jawa Timur. Yakni, 12 gugatan, termasuk pemilihan legislatif (pileg). Mulai besok (11/6) akan digelar sidang pendahuluan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Kepastian itu disampaikan Ketua Bawaslu Bangkalan A. Mustain Saleh kemarin (9/6). Sidang pendahuluan itu untuk laporan dugaan pelanggaran administrasi pelaksanaan pemilu. Pelapornya calon anggota DPRD Provinsi Jatim dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nur Faizin.

”Selasa ada sidang pendahuluan dari caleg PKB Nur Faizin. Laporannya tentang dugaan pelanggaran administrasi pemilu,” ujarnya kemarin.

Dijelaskan, sidang dugaan pelanggaran administrasi tersebut digelar di Bawaslu RI bukan di MK. Yakni, dimulai dengan pembacaan gugatan dan mendengarkan jawaban terlapor. Terlapor merupakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan.

Fokus perkaranya di dua kecamatan, yakni Kecamatan Arosbaya dan Burneh. Nur Faizin menilai di dua kecamatan itu terjadi dugaan pelanggaran administrasi. Mustain memastikan pihaknya akan hadir dalam sidang pendahuluan tersebut.

”Kalau KPU jelas datang karena sebagai terlapor,” jelas mantan Redaktur Sport Jawa Pos Radar Madura tersebut.

Sementara itu, Komisioner KPU Bangkalan Badrun mengaku siap menjawab apa yang menjadi gugatan pelapor Nur Faizin. Lima komisioner bakal terbang ke Jakarta hari ini. ”Yang dilaporkan di dua Kecamatan Burneh dan Arosbaya,” kata dia.

Pria asal Kecamatan Geger itu menambahkan, yang akan dibawa antara lain DA1, DAA1, dan DB1. Sebab, yang digugat kalau tidak salah berkenaan dengan perbedaan perolehan suara di dua kecamatan tersebut. ”Pasti kami jawab apa yang menjadi gugatan pelapor. Kami sangat siap,” imbuhnya. 

(mr/daf/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia