Sabtu, 23 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Rekreasi

Kemilau Pasir Putih di Pulau Saebus

Jadi Jujukan Wisatawan Lokal saat Lebaran

08 Juni 2019, 14: 42: 41 WIB | editor : Abdul Basri

RECOMMENDED: Pengunjung berada di pantai Pulau Saebus, Kecamatan Sapeken, Sumenep, kemarin.

RECOMMENDED: Pengunjung berada di pantai Pulau Saebus, Kecamatan Sapeken, Sumenep, kemarin. (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Libur Lebaran banyak dimanfaatkan masyarakat untuk datang ke tempat-tempat wisata. Di Kecamatan Sapeken, Sumenep, terdapat satu pulau yang menjadi jujukan masyarakat untuk berlibur, yaitu Pulau Saebus.

Pulau tersebut berada di antara Pulau Sapeken, Saur, dan Sepanjang. Pulau Saebus memiliki pantai dengan pasir putihnya yang cukup eksotis. Pulau-pulau di sekelilingnya juga menjadi pelengkap keindahan pantai tersebut.

Untuk menuju pulau tersebut, pengunjung harus menggunakan transportasi laut. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari Pulau Sapeken. Untuk sampai ke pulau itu, pengunjung biasanya menggunakan perahu sendiri.

Ada juga penyedia transportasi laut speedboat. Harga sewa satu speedboat untuk pulang pergi Sapeken–Saebus sekitar Rp 200 ribu. Belum banyak fasilitas wisata yang terbangun di pantai Pulau Saebus. Hanya ada ayunan dan sewa speedboat untuk mengitari sepanjang pantai. Selain itu, ada juga tempat pedagang.

Pengunjung yang datang banyak memanfaatkan untuk berswafoto dan berenang. Jika ingin merasakan naik speedboat di wisata pantai Saebus, setiap penumpang cukup merogoh kocek Rp 10 ribu saja.

Disda Rahma, pengunjung dari Pulau Sapeken mengaku rutin berkunjung ke Saebus ketika libur Lebaran bersama keluarga besar. Menurut dia, Pulau Saebus ramai pengunjung pada H+1 dan H+2 Lebaran. Kemudian pada Lebaran Ketupat. Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari Kecamatan Sapeken, melainkan dari berbagai pulau di wilayah Kecamatan Kangayan dan Arjasa, Pulau Kangean.

”Kalau Lebaran sudah pasti ramai. Karena pantainya bagus. Airnya jernih untuk berenang,” kata gadis 26 tahun itu.

Diterangkan, Pulau Saebus sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kecamatan Sapeken. Selain menikmati pantai, pengunjung juga bisa lebih mengetahui seputar kepulauan ujung timur Kabupaten Sumenep.

”Harapannya, fasilitas wisata di Saebus semakin lengkap, sehingga wisatawan semakin betah,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Zubyan Kamil, 23, warga Kecamatan Arjasa. Dia juga berharap wisata Pulau Saebus semakin dikembangkan. Dia datang ke Kecamatan Sapeken untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Momen Lebaran ke Sapeken menurutnya tidak lengkap jika tidak berwisata ke Pulau Saebus.

”Pasti diajak ke sini (Saebus, Red). Karena tiap tahun sudah jadi jujukan pengunjung. Tempatnya bagus,” tukasnya. 

(mr/bad/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia