Selasa, 18 Jun 2019
radarmadura
icon featured
Features

Kontribusi SKK Migas Jabanusa untuk Energi Nasional Capai 30 Persen

21 Mei 2019, 19: 02: 43 WIB | editor : Haryanto

SOSIALIS: SKK Migas Jabanusa dan undangan foto bareng anak yatim.

SOSIALIS: SKK Migas Jabanusa dan undangan foto bareng anak yatim. (Bahrul Umum/RadarMadura.id)

Share this      

SURABAYA - Kontribusi SKK Perwakilan Migas Jabanusa untuk pasokan energi nasional mendominasi. Tidak kurang dari 30 persen pasokan migas berasal dari Jabanusa. Dari jumlah total produksi minyak bumi nasional sebesar 761 ribu BOPD, 262 ribu BOPD dari Jabanusa.

Nurwahidi, Kepala SKK Migas Perwakilan Jabanusa membenarkan hal tersebut. "Untuk produksi gas bumi, Jabanusa menyumbang 739 MMSFD dari jumlah total 7,382 MMSFD," ujarnya saat sambutan di Silaturahmi dan Sosialisasi Kegiatan Industri Hulu Migas di Hotel JW Marriott Surabaya, Senin (20/5).

Menurut Nurwahidi, untuk meningkatkan produksi migas, institusinya berkomitmen menggiatkan eksplorasi dan eksploitasi dengan mencanangkan Road to Giant Discovery. "SKK Migas saat ini berperan menjadi lokomotif pendorong ekonomi nasional," papar pria asal Sumenep itu.

BERWIBAWA: Kepala SKK Migas Perwakilan Jabanusa Nurwahidi saat sambutan.

BERWIBAWA: Kepala SKK Migas Perwakilan Jabanusa Nurwahidi saat sambutan. (Bahrul Umum/RadarMadura.id)

Dijelaskan, multiplayer efek yang dihasilkan di sektor migas dari hulu ke hilir sangat besar. Mulai pemberdayaan ekonomi melalui pengusaha lokal dan menggeliatnya sektor perhotelan dan pariwisata di wilayah operasi migas. "Pengembangan ekonomi dilakukan KKKS," imbuhnya.

Nurwahidi lalu mengupdate kegiatan hulu migas di wilayah Jabanusa. Pertama, proyek Kedung Keris yang dilakukan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di Bojonegoro dan Pertamina EP Cepu (PEPC) yang mengelola Jambaran Tiung Biru (JTB) di Bojonegoro.

Kemudian, Energy Mineral Langgeng (EML) di Sumenep sudah berhasil discovery untuk dua sumur eksploitasi dan selanjutnya memiliki rencana untuk Seismik dan Pengeboran (on-shore). Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) berlokasi di Lapangan MDA-MBH, akan mengebor dan mengembangkan tujuh sumur gas.

"Kangean Energy Indonesia Ltd (KEI) di Lapangan Sagentoh berencana melakukan seismik 3D tahun ini. Projek penyaluran gas lapangan Terang, Sirasun, dan Batur (TSB) 2 sudah on stream Q1 2019 dan tambahan produksi sebesar 200 MMSCFD," terang mantan Kepala Unit Percepatan Muara Bakau SKK Migas itu.

Selanjutnya Santos ( Madura Offshore) Pty Ltd di lapangan Meliwis telah progress detail engineering 100 persen. Saat ini, dalam tahap proses pembahasan Gas Sales Agreement (GSA). Santos (Sampang) di lapangan Paus Biru telah selesai drilling sumur Paus Biru 1, DST selesai, dan proses pengajuan POD.

"Disusul Minarak Brantas Gas Inc saat ini melakukan kegiatan eksplorasi. Diantaranya, mengeksplorasi sumur Metro-1, mengek sumur Kedaton-1, dan Seismik 3D yang direncanakan pada Q1-2019," imbuh mantan Kepala Unit Percepatan Proyek Indonesia Deepwater Development SKK Migas itu.

Pertamina EP (PEP) Asset 4 pada tahun ini juga akan mengebor 1 sumur eksplorasi yaitu KOL-1, Lalu Pertamina Hulu Energi (PHE) Tuban East Java, melakukan Spud in WMA-1 Exploration Drilling, dan PEPC Alas Dara Kemuning sudah melakukan bor eksplorasi dan mengajukan POD1.

"Selain itu, Saka Energi Indonesia atau SAKA akan mengebor lapangan West Pangka setelah selesai bor 1 sumur eksplorasi. Terakhir, PHE WMO dalam tahap pengeboran sumur eksplorasi PHE 2 – 3" ulas Nurwahidi.

Ditegaskan, SKK Migas dan KKKS Jabanusa mengajak semua pihak dan stakeholder utama hulu migas di Jatim bersinergi dan berkolaborasi bersama menjaga iklim investasi hulu migas. Sehingga, bisa menarik perhatian investor.

"Jika ada investor hulu migas,  minimal ada dua hal dapat dicapai. "Yakni,  pemenuhan target produksi migas nasional, dan multiplayer efek di bidang ekonomi lokal kian meningkat," tandasnya.

Dalam acara yang dihadiri Forkopimda Jatim dan kepala OPD tersebut, SKK Migas Perwakilan Jabanusa juga menyerahkan santunan kepada 200 anak yatim. Ikut menyaksikan, insan pers yang selama bermitra dengan SKK Migas Jabanusa.

(mr/bam/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia