Senin, 24 Jun 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep
Track Record Rekanan Harus Diperhatikan

Alokasikan Rp 2 Miliar untuk Normalisasi Kali Patrean

16 Mei 2019, 16: 07: 58 WIB | editor : Abdul Basri

Alokasikan Rp 2 Miliar untuk Normalisasi Kali Patrean

Share this      

SUMENEP – Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep mengalokasikan anggaran Rp 2 miliar untuk normalisasi dan rehab sungai. Sasarannya adalah Kali Patrean di sepanjang Desa Kacongan, Kecamatan Kota Sumenep. Proyek perbaikan sungai tersebut masih dilelang.

Kasi Waduk Sungai Pantai Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Noer Lisal Anbiyah menyatakan, dana bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Saat ini proyek tersebut masuk tahap pelelangan di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

Lelang proyek tersebut rencananya digelar Februari. Namun, dokumen lelang belum lengkap lelang baru bisa dilakukan pada 12 April lalu. ”Justru sekarang lebih enak. Lebih mudah dikerjakan dan tidak berisiko. Kan sudah mau musim kemarau,” ucap Lisal kemarin (15/5).

Sudah puluhan tahun Sungai Patrean tidak dinormalisasi. Karena itu, endapan lumpur di sungai tersbut mulai tinggi. Tidak heran jika kerap terjadi banjir saat musim penghujan. ”Sejak saya di sini 2005 lalu, belum pernah ada normalisasi dan rehab,” tuturnya.

Menurut Lisal, panjang sungai yang akan dinormalisasi diperkirakan dua kilometer. Sementara pemasangan beronjong bertujuan mengantisipasi longsor. ”Pemasangan konstruksi beronjong di dua titik. Tujuannya, sebagai pengaman jembatan dan pengaman yang rawan longsor,” kata Lisal.

Anggota Komisi III DPRD Sumenep Moh. Sukri meminta lelang dilakukan secara fair. Dia meminta track record peserta lelang juga dipertimbangkan untuk menentukan pemenang. ”Jangan sampai pelaksanaannya dilakukan rekanan yang memiliki rekam jejak buruk,” sarannya. (jup)

(mr/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia