Selasa, 22 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Polres Pamekasan Berdalih Tunggu Arahan Ditlantas Polda Jawa Timur

Terkait Larangan Merokok Saat Berkendara

15 Mei 2019, 20: 51: 35 WIB | editor : Haryanto

Kasatlantas Polres Pamekasan - AKP Didik Sugiarto.

Kasatlantas Polres Pamekasan - AKP Didik Sugiarto. (Santi Stia Wardani/RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN - Larangan merokok saat berkendara mulai diterapkan di beberapa daerah di Indonesia. Tapi, hingga saat ini masih belum diberlakukan di Pamekasan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI sebenarnya telah mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 12 tahun 2019. Isinya, larangan merokok bagi pengendara motor saat berkendara.

Kasatlantas Polres Pamekasan AKP Didik Sugiarto mengungkapkan, aturan larangan merokok telah diatur dalam pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Saat ini masih tahap sosialisasi. Namanya penerapan undang-undang, tidak bisa langsung direalisasikan. Butuh waktu dan harus berproses," ungkapnya.

Dikatakan, penerapan aturan di Pamekasan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Cara menyosialisasikan pun harus perlahan dan disesuaikan kultur budaya Madura. Sehingga, bisa diterima dan tidak menyisakan persoalan.

"Secara perlahan, kami sudah mulai mensosialisasikan larangan merokok saat berkendara. Kami juga sembari menunggu arahan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur," imbuhnya. (Santi Stia Wardani)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia