Kamis, 17 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Wings Air Kurangi Jadwal Penerbangan

12 Mei 2019, 15: 25: 30 WIB | editor : Abdul Basri

BURUNG BESI: Pesawat Wings Air saat berada di landasan udara Bandara Trunojoyo Sumenep, Jumat (10/5).

BURUNG BESI: Pesawat Wings Air saat berada di landasan udara Bandara Trunojoyo Sumenep, Jumat (10/5). (BADRI STIAWAN/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Jadwal penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo tidak lagi aktif setiap hari. Pasalnya, Wings Air kini mengurangi jadwal operasi. Hanya empat kali terbang untuk rute Sumenep–Surabaya dan sebaliknya dalam sepekan.

Hal itu disampaikan langsung Station Manager Wings Air Sumenep Bayu Kristanto. Pemberlakuan empat kali operasi dalam sepekan mulai berlaku Kamis (9/5). Namun, perubahan jadwal tersebut bersifat sementara. Sebab setelah 20 Mei 2019 mendatang, jadwal penerbangan Wings Air akan kembali dilakukan setiap hari.

”Karena semua pesawat untuk waktu tiga hari itu disiapkan masuk ke hanggar. Maintenance. Mempersiapkan untuk Lebaran,” ungkapnya.

Pengurangan jadwal penerbangan juga dilakukan awal Ramadan tahun ini karena jumlah penumpang masih sepi. Perubahan jadwal penerbangan juga terjadi secara nasional. Untuk memastikan pesawat-pesawat yang akan melayani pengguna jasa itu dalam kondisi baik pada arus mudik Lebaran nanti. ”Bukan hanya untuk Wings Air saja,” kata Bayu.

Kabid Angkutan dan Pengujian Sarana Dishub Sumenep Mohammad Thayyib mengatakan, pengurangan jadwal penerbangan wajar dilakukan. Baik karena faktor perawatan maupun sepi penumpang. ”Kalau ramai, bisa menambah jadwal penerbangan lagi,” katanya.

Thayyib menyebutkan, pengurangan jadwal penerbangan menurutnya tidak menjadi masalah. Namun, dia meminta maskapai bisa kembali membuka pelayanan penerbangan setiap hari. ”Kami harap sebelum Lebaran nanti Wings Air bisa beroperasi setiap hari lagi,” harapnya.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep Indra Triyantono menjelaskan, selama sekitar dua pekan Wings Air tidak akan melayani penerbangan pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Pesawat komersial tersebut hanya terbang pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. ”Karena seluruh pesawat Wings Air akan di maintenance. Persiapan menjelang Lebaran,” paparnya.

Perawatan pesawat dilakukan untuk memastikan armada yang beroperasi dalam kondisi baik dan memberikan kenyamanan pada penumpang. Diprediksi tingkat keramaian penumpang akan terus terjadi hingga Juni 2019. Terutama pada masa-masa mudik maupun arus balik Lebaran.

”Jadi pihak maskapai melakukan perawatan lebih awal supaya penerbangan mudik Lebaran nanti tidak ada lagi penundaan pemberangkatan,” kata Indra.

Dia menambahkan, untuk pesawat perintis Susi Air tetap terbang sepekan sekali Surabaya–Bawean. Diperkirakan mudik dan arus balik Lebaran akan terjadi peningkatan penumpang dari Surabaya–Sumenep maupun sebaliknya. ”Mudah-mudahan nanti lancar-lancar saja,” harapnya.

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia