Kamis, 12 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Jatah Demokrat Berkurang Satu Kursi

PPP, PKB, dan PDIP Bertambah

09 Mei 2019, 15: 39: 19 WIB | editor : Abdul Basri

Jatah Demokrat Berkurang Satu Kursi

Share this      

BANGKALAN – Perolehan kursi masing-masing partai politik (parpol) di DPRD Bangkalan berubah drastis. Hanya Partai Gerindra yang diprediksi tetap memperoleh 10 kursi. Sementara jatah kursi parpol lain ada yang berkurang dan bertambah.

Pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014, Partai Demokrat memperoleh 6 kursi. Kini, berdasar perolehan suara pileg 2019, partai yang didirikan Susilo Bambang Yudhoyono itu hanya mendapat 5 kursi. Berkurangnya satu kursi itu berpotensi tidak akan dapat posisi pimpinan dewan.

Sementara perolehan suara tahun ini PKB, PDIP, dan PPP cukup bagus. Ketiga parpol tersebut bertambah satu kursi. Kader tiga parpol siap-siap untuk mendapatkan kursi pimpinan.

Sedangkan PAN, Partai Hanura, dan Partai Golkar berkurang satu kursi. Semula PAN dan Hanura masing-masing dapat satu fraksi. Kini, dua parpol tersebut harus gabung untuk bisa jadi satu fraksi. Begitu pun dengan Golkar dan PKS. Meskipun PKS untuk pileg sekarang tetap mendapatkan 3 kursi.

Kejutan ditunjukkan oleh dua partai baru. Partai Berkarya dan Perindo tidak disangka-sangka mendapatkan kursi. Bahkan, Berkarya mampu memperoleh dua kursi. Justru Partai Nasdem anjlok. Dulu, dapat dua kursi. Pileg sekarang nol kursi.

Ketua DPC PDIP Bangkalan Fatkurrahman mengatakan, perolehan kursi partai banteng moncong putih pada Pileg 2019 mampu menambah satu kursi. Semula tujuh kursi, kini menjadi delapan kursi. ”Untuk duduk di posisi pimpinan (ketua) tidak bisa karena hanya delapan kursi. Cukup jadi wakil ketua dewan 1,” kata dia kemarin (8/5).

Menurut dia, perjuangan PDIP untuk terus menambah kursi bukan hal mudah. Sebelum Pileg 2014, kursi di DPRD hanya dua kursi. Tetapi bisa bertambah menjadi tujuh kursi. ”Sekarang alhamdulillah jadi 8 kursi. Semoga tahun berikutnya terus bertambah,” terangnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Bangkalan R. Imron Amin mengaku partainya tetap dapat 10 kursi. Tidak berkurang dan tidak bertambah. ”Tetap 10 kursi,” ucapnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Abdurrahman mengakui perolehan kursi partainya kali ini berkurang. Dari 6 kursi turun jadi 5 kursi. ”Tidak sesuai target. Tapi, alhamdulillah dapat 5 kursi,” katanya.

(mr/daf/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia